Piala Asia 2023: 3 Pemain Terbaik Timnas Indonesia yang Bersinar Saat Hadapi Jepang, Meski Kalah
Bek Indonesia Jordi Amat menjegal gelandang Jepang Takefusa Kubo pada pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia 2023 antara Jepang dan Indonesia di Stadion al-Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024). [HECTOR RETAMAL / AFP]
07:18
25 Januari 2024

Piala Asia 2023: 3 Pemain Terbaik Timnas Indonesia yang Bersinar Saat Hadapi Jepang, Meski Kalah

Timnas Indonesia mengalami kekalahan pada pertandingan terakhir Grup D Piala Asia 2023 melawan Jepang di Stadion Al-Thumama, Qatar, pada Rabu (24/01), dengan skor akhir 1-3.

Selain hasil yang kurang memuaskan, performa Indonesia dalam pertandingan ini juga tidak begitu mengesankan.

Skuad Garuda tampak kesulitan mengatasi tekanan yang diberikan oleh Jepang, dan seringkali kehilangan ide dalam permainannya.

Meskipun demikian, di tengah performa kurang memuaskan, beberapa pemain Indonesia tetap menunjukkan performa yang bagus. Siapakah mereka?

1. Pratama Arhan

Arhan tampil solid dengan satu sapuan, dua intersep, dan dua tekel, memenangkan empat dari tujuh duel. Fokusnya pada pertahanan, terutama mengantisipasi serangan dari sayap Jepang.

Meskipun minim kontribusi di serangan, lemparan jauhnya menciptakan kekacauan di kotak penalti Jepang, dimanfaatkan oleh Sandy Walsh untuk mencetak gol bagi Indonesia.

2. Egy Maulana

Egy memenuhi janjinya tampil dengan total. Meskipun terbatas dalam mendobrak pertahanan lawan, pemain Dewa United menunjukkan ketangguhannya dalam bertahan.

Sepanjang pertandingan, Egy memenangi lima dari tujuh duel dengan pemain Jepang, mencatat dua sapuan dan dua intersep. Ia juga menjadi pemain Indonesia yang paling sering dilanggar, dengan lima pelanggaran dari pemain Jepang.

3. Ivar Jenner

Jenner sebagai gelandang bertahan sangat sibuk menghalau serangan Jepang, berperan sebagai filter utama pertahanan Indonesia.

Dengan sebelas kemenangan dari 17 duel, ia mencatat dua sapuan, satu intersep, dan enam tekel.

Meskipun efektif dalam menghentikan serangan lawan, Jenner terbatas dalam memberikan umpan matang ke lini depan, hanya melepas 24 umpan, dengan 17 di antaranya tepat sasaran.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #piala #asia #2023 #pemain #terbaik #timnas #indonesia #yang #bersinar #saat #hadapi #jepang #meski #kalah

KOMENTAR