Deretan Blunder Konyol Jordi Amat Bersama Timnas Indonesia, Makin Doyan Bikin Kesalahan Elementer
Bek Timnas Indonesia, Jordi Amat (kiri) menarik penyerang Jepang, Ayase Ueda pada laga Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, 24 Januari 2024. [Giuseppe CACACE / AFP]
20:12
24 Januari 2024

Deretan Blunder Konyol Jordi Amat Bersama Timnas Indonesia, Makin Doyan Bikin Kesalahan Elementer

Bek Timnas Indonesia Jordi Amat kian sering membuat blunder belakangan ini. Kesalahan-kesalahan elementer bek berpengalaman itu membuat rugi skuad Garuda.

Teranyar, Jordi Amat melakukan pelanggaran bodoh saat laga krusial Timnas Indonesia vs Jepang di matchday pemungkas Grup D Piala Asia 2023 baru berjalan tiga menit di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024) malam WIB.

Jordi secara konyol menarik pemain Jepang di kotak terlarang yang membuat wasit menghadiahkan tendangan 12 pas untuk tim raksasa Asia tersebut. Penalti pun dieksekusi secara sempurna oleh striker Jepang, Ayase Ueda pada menit keenam.

Aksi blunder hingga gol bunuh diri mewarnai penampilan Jordi di sejumlah pertandingan terakhir bersama Timnas Indonesia.

Jordi awalnya jadi sorotan menyusul gol bunuh dirinya pada laga Irak vs Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua, 11 November 2023 lalu.

Kala itu, Timnas Indonesia dipaksa menyerah 1-5 oleh tuan rumah Irak. Kekalahan tim Merah Putih disebabkan buruknya konsentrasi di lini belakang.

Jordi Amat melakukan gol bunuh diri pada menit ke-35, yang membuat Timnas Indonesia tertinggal 0-2. Skuad Garuda sempat memperkecil ketinggalan jadi 1-2 berkat gol Shayne Pattynama sebelum jeda laga.

Sayang, Indonesia gagal bangkit dan malah kebobolan tiga gol lagi di babak kedua. Sebagian besar gol tuan rumah terjadi karena kesalahan pemain-pemain belakang Indonesia.

Kekalahan telak dari Irak masih berdampak terhadap performa Jordi bersama skuad Garuda di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ini.

Bek naturaliasi berusia 31 tahun tersebut kembali melakukan blunder saat melawan Filipina di laga kedua Grup F.

Diunggulkan menang, Timnas Indonesia hanya mampu bermain imbang 1-1 lawan tuan rumah Filipina di Stadion Rizal Memorial, Manila pada 21 November 2023.

Gol Filipina yang dicetak Patrick Reichelt pada menit ke-23 berawal dari blunder Jordi di tengah lapangan.

Jordi kehilangan bola di tengah lapangan saat membangun serangan dan membuka celah Filipina untuk melancarkan serangan balik berujung gol.

Belum cukup sampai di situ, pemain berdarah Indonesia - Spanyol itu 'kumat' lagi di laga uji coba Timnas Indonesia jelang Piala Asia 2023.

Beberapa kali Jordi Amat membuat kesalahan fatal saat Timnas Indonesia melawan Libya di Turki pada akhir Desember lalu. Satu yang paling fatal terjadi pada akhir babak kedua, tepatnya pada menit kedua injury time.

Jordi kehilangan penguasaan bola di lini tengah. Pemain Libya, Alaa Al Qajdar pun dengan cekatan merebut bola itu.

Sialnya, pemain Libya itu punya naluri yang baik. Ia langsung melepaskan tembakan dari tengah lapangan yang berbuah gol keempat bagi Libya.

Kiper Timnas Indonesia, Syahrul Trisna, yang jauh maju dari posisinya tak bisa berbuat banyak. Timnas Indonesia kalah telak 0-4 pada laga kontra negara Afrika tersebut.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #deretan #blunder #konyol #jordi #amat #bersama #timnas #indonesia #makin #doyan #bikin #kesalahan #elementer

KOMENTAR