3 Pemain Naturalisasi Era Shin Tae-yong yang Belum Dipanggil Timnas Indonesia
Kiper Keturunan Indonesia, Cyrus Margono. (instagram.com/cmargono)
21:42
4 Oktober 2024

3 Pemain Naturalisasi Era Shin Tae-yong yang Belum Dipanggil Timnas Indonesia

Sampai saat ini, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, masih belum memanggil sejumlah pemain naturalisasi yang sebetulnya telah resmi mengantongi status sebagai warga negara Indonesia (WNI).

Setidaknya, ada dua pemain yang telah resmi menjadi WNI di era kepelatihan Shin Tae-yong, tetapi masih belum mendapatkan panggilan untuk dijajal kemampuannya bersama skuad senior Timnas Indonesia.

Adapula pemain yang sebetulnya pernah menjadi amunisi andalan Shin Tae-yong, tetapi akhirnya harus tersingkir dari skuad Garuda karena konflik berkepanjangan.

Berikut Suara.com menyajikan deretan pemain naturalisasi era Shin Tae-yong yang belum dipanggil Timnas Indonesia menjelang duel melawan Bahrain pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zina Asia.

Baca Juga: Jadwal Negara ASEAN di FIFA Matchday Oktober 2024, Timnas Indonesia Beda Kelas

1. Cyrus Margono

Timnas Indonesia sebetulnya sudah memiliki sosok pemain naturalisasi di posisi penjaga gawang sebelum munculnya Maarten Paes. Sosok yang dimaksud ialah Cyrus Margono. 

Kiper kelahiran Amerika Serikat itu sudah resmi mendapatkan status sebagai warga negara Indonesia (WNI) sejak Maret 2024. Saat itu, pemain yang kini berusia 22 tahun ini menjalani sumpah sebagai WNI di Jakarta.

Sayangnya, kiper yang terakhir kali memperkuat klub kasta kedua Liga Yunani, Panathinaikos B, itu tak kunjung memperoleh panggilan dari Shin Tae-yong. Belum diketahui mengapa STY masih belum menjajal kualitas Margono.

2. Jens Raven

Baca Juga: Media Denmark Sebut Impian Timnas Indonesia Dapatkan Pemain Keturunan Rp69,53 Miliar Segera Jadi Kenyataan

Meskipun sudah membuktikan kualitasnya bersama Timnas Indonesia U-20, Jens Raven tampaknya masih harus bersabar untuk menantikan kesempatan promosi dari Shin Tae-yong ke skuad senior Timnas Indonesia.

Yang terbaru, Shin Tae-yong hanya memanggil tiga penyerang saja di Timnas Indonesia untuk melawan Bahrain, yakni Rafael Struick, Dimas Drajad, dan Hokky Caraka.

Padahal, banyak fans yang antusias menantikan kiprah Jens Raven bersama Timnas senior. Apalagi, striker berusia 18 tahun itu tampil konsisten dalam menjebol gawang lawan pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

3. Elkan Baggott

Shin Tae-yong tampaknya masih belum membuka pintu hatinya terhadap sosok bek naturalisasi keturunan Inggris, Elkan Baggott. Sebab, bek berusia 21 tahun itu masih terlupakan dalam daftar panggilan terakhir.

Hubungan antara Shin Tae-yong dan Elkan Baggott yang masih meruncing sampai saat ini tak kunjung terselesaikan. Konflik di antara keduanya membuat Elkan tak kunjung kembali berseragam Timnas Indonesia.

Ia sudah melewatkan banyak pertandingan penting bersama skuad Garuda. Terakhir kali Elkan tampil di Piala Asia 2023, tapi sudah tak pernah dipanggil di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #pemain #naturalisasi #shin #yong #yang #belum #dipanggil #timnas #indonesia

KOMENTAR