Iri Lihat Mees Hilgers, Cina Dirumorkan Bakal Naturaliasi Pemain Ajax
Pemain Ajax Kian Fitz-Jim (kiri) dirumorkan akan dinaturalisasi oleh Cina [Instagram]
20:00
28 September 2024

Iri Lihat Mees Hilgers, Cina Dirumorkan Bakal Naturaliasi Pemain Ajax

Kebijakan naturalisasi PSSI untuk Timnas Indonesia menjadi perhatian negara-negara lain. Tidak hanya negara tetangga seperti Vietnam, Cina juga dirumorkan tertarik panggil pemain keturunan mereka yang ada di Eropa.

Berbeda dengan Vietnam yang memilih naturalisasi pemain asal Brasil, Rafaelson, Cina dilaporkan memantau pemain keturunan mereka yang ada di Belanda, persis yang dilakukan PSSI.

Menurut laporan footboom1, ada kecenderungan Cina ingin meniru cara PSSI untuk melakukan naturalisasi pemain dari Belanda. Menariknya dari laporan itu, disebutkan rumor ini muncul pasca penampilan calon pemain Timnas Indonesia, Mees Hilgers di Liga Europa.

"Ia (Mees Hilgers) akan memperoleh status naturalisasi di Indonesia. Dia telah berperan penting dalam pertandingan, mampu tunjukkan keberaniannya di lapangan," ulas media tersebut.

Baca Juga: Sosok Lielyana Halim Ibunda Welber Jardim, Beri Pesan untuk Timnas U-20

"Di sisi lain, bakat Ajax yang menjanjikan berusia 21 tahun, Kian Fitz-Jim. Ia bisa menjadi prospek naturalisasi dengan Cina, namun hanya sedikit kemajuan untuk prosesnya,"

Dikutip dari sejumlah sumber, Kian saat ini jadi salah satu andalan Ajax di lini tengah. Ia sudah memainkan 3 pertandingan di Liga Belanda.

Ayah Kian lahir di Belanda memiliki darah Suriname dan Cina, sementara ibunya dari Hongkong yang pindah ke Belanda sejak kecil.

Kian sendiri lahir di Amsterdam, Belanda, ia juga diketahui sering mengunjungi kampung halaman ibunya di Hongkong. Selain itu, ia juga memiliki paspor Hongkong dan fasih berbicara bahasa Kanton.

Namun seperti disebut pada laporan di atas, upaya naturalisasi terhadap Kian belum tunjukkan progres yang cukup bagus. Malah PSSI-nya Belanda, KNVB lebih dahulu memanggil Kian untuk membela Jong Orange.

Baca Juga: Perbandingan Prestasi Timnas Indonesia vs Malaysia dalam Dua Tahun Terakhir, Garuda Unggul Segalanya

Dikutip dari data Transfermarkt, Kian dipanggil untuk bela Tim U-20 Belanda. Ia juga sudah mencatatkan 6 pertandingan bersama tim U-19 Belanda.

"Hilgers akan segera kenakan jersey Timnas Indonesia saat melawan Cina, di sisi lain, Kian Fitz-Jim dipanggil untuk membela Belanda U-21. Kondisi ini makin memperkecil niat Cina untuk melakukan naturalisasi kepadanya,"

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #lihat #mees #hilgers #cina #dirumorkan #bakal #naturaliasi #pemain #ajax

KOMENTAR