Dua Pemain Muslim yang Dikagumi Belanda-Depok Miliano Jonathans
Pemain keturunan, Miliano Jonathans yang orang tuanya bertemu Kemenpora. (Instagram/@milianojonathans_)
15:48
27 September 2024

Dua Pemain Muslim yang Dikagumi Belanda-Depok Miliano Jonathans

Satu lagi pemain yang mengaku tertarik untuk bisa bela Timnas Indonesia. Ia seorang Belanda-Depok yang kini bermain di Vitesse Arnhem bernama Miliano Jonathans.

Saat wawancara dengan Yussa Nugraha, Miliano mengaku tertarik untuk membela Timnas Indonesia. Miliano bahkan mengatakan bahwa pihak PSSI pernah menghubungi dirinya.

Menurut Miliano, saat itu perwakilan PSSI menghubungi dirinya lewat agen dan ayahnya.

"Mereka (PSSI) satu kali menghubungi saya, tapi itu sudah lama. Mereka kemudian sempat menghubungi lagi tapu melalui agen saya (Jorsten Bergen) dan saya saya," kata Miliano seperti dikutip dari Youtube Yussa Nugraha.

Baca Juga: Media Asing Takjub dengan Keberhasilan PSSI Menaturalisasi Mees Hilgers

Pemain keturunan Belanda Depok, Miliano Jonathans mencetak gol untuk Vitesse di kasta kedua Liga Belanda. [Dok. IG/Vitesse]Pemain keturunan Belanda Depok, Miliano Jonathans mencetak gol untuk Vitesse di kasta kedua Liga Belanda. [Dok. IG/Vitesse]

Pernyataan dari Miliano ini pun membuat heboh publik sepak bola Indonesia. Jika mengacu pada perfomance di level klub, Miliano dirasa cukup bagus jika bisa bela tim Merah Putih.

Berposisi sebagai winger namun juga bisa di-plot sebagai striker, pemain berusia 20 tahun itu sudah mencetak 3 gol dan 1 assist dari 7 penampilan bersama Vitesse.

Miliano punya kelebihan di kecepatan dan kemampuan dribbling yang mengobrak-abrik pertahanan lawan. Menariknya, soal gaya main, pemain yang mengawali karier di Arnhemse Boys itu mengaku punya tiga pemain favorit.

Dua dari tiga pemain favorit Miliano Jonathans diketahui seorang pemain muslim. Riyad Mahrez dan Hakim Ziyech diakui Miliano sebagai pemain favoritnya.

"Ketika saya masih sangat muda, Lionel Messi adalah idola saya, bahkan sampai sekarang," ujar Miliano seperti dikutip dari Transfermarkt.

Baca Juga: 3 Keistimewaan Miliano Jonathans, Lini Depan Timnas Indonesia akan Semakin Garang

Pemain keturunan Depok, Miliano Jonathans terbuka bela timnas Indonesia. (Instagram/@milianojonathans_)Pemain keturunan Depok, Miliano Jonathans terbuka bela timnas Indonesia. (Instagram/@milianojonathans_)

"Namun di kemudian hari, gaya bermain saya memiliki kesamaan dengan Hakim Ziyech, Marten Odegaarrd dan sedikit mirip dengan Riyad Mahrez," lanjutnya.

"Jadi bagi saya, mereka adalah para pemain yang saya kagumi dalam beberapa tahun terakhir. Sejak saya pertama bermain sepak bola, saya selalu menjadi pemain yang suka melakukan aksi dengan gaya drible saya," katanya.

Dalam wawancara dengan Transfermerkt itu, Miliano juga sempat singgung soal darah Indonesia yang ia miliki. Ia mengatakan bahwa sang nenek dari ayahnya berasal dari Depok, Jawa Barat kemudian hijrah ke Belanda.

"Nenek dari ayah saya berasal dari Depok dan kemudian pindah ke Belanda. Dia jago sangat jago memasak! Keluarga saya mengunjungi keluarga kami di Depok bulan lalu," kata Miliano.

Untuk informasi, jika merujuk dari sejumlah sumber, sebutan Belanda-Depok merujuk pada keturunan dari pekerja-pekerja milik Cornelis Chastelein, seorang pensiunan Perusahaan Hindia Timur Belanda dan pemilik tanah partikelir di Gemeente Depok.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #pemain #muslim #yang #dikagumi #belanda #depok #miliano #jonathans

KOMENTAR