Nasib Pemain Kawasan Rungkut Surabaya yang Pernah Main di PSG
Kementerian Olahraga dan Pemuda (Kemenpora) pada 2017 sempat merilis daftar 24 pemain keturunan Indonesia yang berkarier di Eropa. Dari 24 nama itu, ada satu pemain bernama Levi Opdam. [Instagram]
14:18
25 September 2024

Nasib Pemain Kawasan Rungkut Surabaya yang Pernah Main di PSG

Kementerian Olahraga dan Pemuda (Kemenpora) pada 2017 sempat merilis daftar 24 pemain keturunan Indonesia yang berkarier di Eropa. Dari 24 nama itu, ada satu pemain bernama Levi Opdam.

Sekretaris Kemenpora saat itu, Gatot S Dewa Broto pada April 2017 merilis 24 pemain keturunan Indonesia. Dari 24 nama itu, 3 pemain saat ini sudah menjadi bagian dari Timnas Indonesia, mereka adalah Sandy Walsh, Thom Haye dan Calvin Verdonk.

Selain itu ada juga nama seperti Ezra Walian dan Stefano Lilypaly yang lebih dulu membela tim Merah Putih. Yang menarik dari 24 nama itu ialah pemain bernama Levi Opdam.

Levi Opdam merupakan full back kanan kelahiran Alkmaar pada 3 Mei 1996. Ia sempat jadi perhatian publik sepak bola nasional lantaran sempat bermain di tim B Paris Saint Germain (PSG).

Baca Juga: Kualifikasi AFC U-20: Maladewa Seharusnya Bukan Lawan yang Sepadan bagi Indonesia

Pada 2019, setelah sempat tak memiliki klub pasca dilepas tim AZ Alkmaar, Levi Opdam bergabung ke PSG B. Saat itu Opdam satu tim dengan winger Prancis Moussa Diaby yang saat ini bermain di Al-Ittihad bersama Karim Benzema.

Karier Levi Opdam bisa dibilang naik turun bak roller coaster. Ia tercatat tiga kali menyandang status tanpa klub sepanjang kariernya.

Di PSG B pun Opdam tak bertahan lama. Masuk pada Januari 2019, Opdam hanya memainkan 10 pertandingan saja. Agustus 2019 ia balik ke Belanda dan gabung ke TOP Oss.

Saat ini, Levi Opdam tercatat bermain di tim amatir Belanda, SC Kruisland. Dari postingan akun klub pada April 2024, Opdam sempat bermain saat timnya menang 2-1.

Namun setelah itu, tak banyak informasi mengenai Opdam. Di akun Instagram miliknya, Opdam pun jarang unggah foto saat ia bermain di lapangan hijau.

Baca Juga: Terungkap! Bos Suwon FC Blak-blakan Pratama Arhan Tak Kunjung Main, Singung Soal Ini

Dari akun Instagram miliknya hanya diketahui bahwa Levi Opdam sudah memiliki seorang putri. Hal itu dilihat dari postingan pada Januari 2024.

Levi Opdam diketahui memiliki darah Indonesia, tepatnya dari kawasan Rungkut, tenggara Kota Surabaya, Jawa Timur.

Pada Juni 2018, ia bahkan sempat datang ke kawasan Rungkut untuk bertemu keluarga besarnya. Saat datang ke Rungkut, Opdam berlibur di rumah keluarga besarnya dan sempat berburu kuliner khas Jawa Timur, seperti soto yang jadi makanan favoritnya.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #nasib #pemain #kawasan #rungkut #surabaya #yang #pernah #main

KOMENTAR