Disentil Justin Hubner, 5 Rival Timnas Indonesia di Asia Tenggara yang Levelnya Dibalap Jauh
Skuad Timnas Indonesia Senior (pssi.org)
23:36
18 September 2024

Disentil Justin Hubner, 5 Rival Timnas Indonesia di Asia Tenggara yang Levelnya Dibalap Jauh

Prestasi Timnas Indonesia saat ini tengah meningkat besar hingga membuat rival-rival di Asia Tenggara tertinggal jauh, termasuk Malaysia.

Bek Timnas Indonesia, Justin Hubner, sempat melontarkan pernyataan menohok terhadap sejumlah rival skuad Garuda yang levelnya sudah tertinggal.

Hal itu dilontarkan Justin Hubner menanggapi pernyataan netizen Malaysia yang meminta video Harimau malaya saat mengalahkan Timnas Indonesia 3-2.

"Beberapa negara harus menerima jika mereka bukan lagi level kita (Indonesia)," tulis Justin Hubner lewat akun Instagram pribadi.

Baca Juga: Pulang dari Timnas Indonesia, Jay Idzes Pamerkan Lemparan Jarak Jauh di Serie A Italia

Pernyataan Hubner sangat benar dengan beberapa rival di Asia Tenggara yang sudah dibalap skuad Garuda saat ini khususnya dalam ranking FIFA.

Timnas Indonesia saat ini duduk di peringkat ke-129 dunia, dan diprediksi akan semakin meningkat ke depannya, seiring laga di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Berikut sejumlah negara Asia Tenggara yang levelnya semakin dijauhi Timnas Indonesia seperti kata Justin Hubner.

1. Singapura

The Lions saat ini duduk di peringkat ke-161 FIFA, tak seperti era 2000-an ketika Bambang Pamungkas dkk dibuat kesulitan menghadapi mereka.

Baca Juga: Ancaman Maarten Paes, 3 Mesin Gol Bahrain yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia

Beberapa kali Singapura mempermalukan Indonesia, mulai dari semifinal Piala AFF 1998, final Piala AFF 2004, fase grup Piala AFF 2008 dan fase grup Piala AFF 2018.

Hingga awal 2022, ranking FIFA Singapura masih berapa di atas Indonesia, hingga akhirnya berhasil dibalap sangat jauh saat ini.

Tak cuma itu, saat Indonesia berjuang di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Singapura masih harus beruang untuk Kualifikasi Piala Asia 2027.

2. Filipina

Filipina pernah membantai Timnas Indonesia di fase grup Piala AFF 2014 dengan skor 4-0, selama beberapa tahun skuad Garuda berada di bawah The Azkals.

Namun pada Maret 2024, Timnas Indonesia resmi berhasil melewati ranking Filipina, hal itu digenapi dengan kemenangan pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia imbang saat bermain di Manila, kemudian menang di Gelora Bung Karno dengan skor 2-0 atas Filipina.

3. Vietnam

Ranking FIFA Vietnam memang masih berada di atas Timnas Indonesia, yakni di posisi ke-116, namun level The Golden Stars sudah dibalap jauh.

Setelah sempat terpaut posisi 80-an, kini hanya berjarak 13 posisi saja dan khususnya di tahun 2024, Vietnam sama sekali belum pernah kalah dari Vietnam.

Vietnam dipecundangi Timnas Indonesia sejak Piala Asia 2023, dibikin keok di semua level dan kelompok umur hingga ditendang dari Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia bahkan membantai Vietnam di Hanoi dengan skor 3-0, level Vietnam saat ini berada di bawah skuad Garuda.

4. Thailand

Ranking FIFA Thailand juga masih di atas Timnas Indonesia, namun level skuad Gajah Perang sudah berada di bawah Indonesia.

Hal ini terlihat dari progres Timnas Indonesia yang belum terkalahkan di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sementara Thailand, gagal lolos ke putaran ketiga babak ini, satu-satunya kebanggaan mereka hanyalah gelar Piala AFF.

5. Malaysia

Rival terdekat Timnas Indonesia, Malaysia juga sudah dibalap jauh levelnya oleh skuad Garuda era Shin Tae-yong saat ini.

Meski Malaysia punya satu gelar Piala AFF yang bisa dibanggakan, ranking FIFA Malaysia sudah beberapa tingkat di bawah Indonesia.

Panggung kompetisi yang diikuti pun jauh berbeda, saat Timnas Indonesia berjuang di putaran akhir Piala Dunia, Malaysia hanya berkutat di turnamen bikinan sendiri.

Kontributor: Eko

Editor: Irwan Febri

Tag:  #disentil #justin #hubner #rival #timnas #indonesia #asia #tenggara #yang #levelnya #dibalap #jauh

KOMENTAR