Adu Harga Pasar Skuad Timnas Indonesia vs Australia Tanpa Mees Hilgers, Mana Lebih Mahal?
Cuplikan laga antara Timnas Indonesia vs Australia. (pssi.org)
12:12
9 September 2024

Adu Harga Pasar Skuad Timnas Indonesia vs Australia Tanpa Mees Hilgers, Mana Lebih Mahal?

Australia punya skuad dan daftar pemain lebih mewah dari Timnas Indonesia berdasarkan perkiraan Transfermarkt soal total harga skuad masing-masing.

Timnas Indonesia bakal menghadapi Timnas Australia di matchday kedua ronde tiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Selasa (10/9/2024) malam WIB.

Ini bakal menjadi pertemuan kedua Timnas Indonesia dengan Australia di tahun 2024. Sebelumnya kedua tim bertemu di babak 16 besar Piala Asia 2023 pada 28 Januari 2024.

Pada pertandingan tersebut Skuad Garuda babak belur dihajar Tim Kanguru dengan skor 4-0. Tapi, kualitas Indonesia kali ini diyakini lebih meningkat karena hadirnya sejumlah pemain keturunan baru.

Baca Juga: Perbandingan Timnas Indonesia vs Australia: Bak Langit dan Bumi di Atas Kertas, Tapi Imbang di Lapangan

Kualitas meningkat itu bisa dilihat juga dari harga pasar Timnas Indonesia yang bertambah signifikan usai datangnya pemain-pemain keturunan baru.

Akan tetapi, Australia masih unggul jauh soal total harga skuad. Bagaimana perbandingannya?

Harga Pasar Skuad Australia

Australia telah umumkan 24 nama melawan timnas Indonesia. (Instagram/@socceroos)Australia telah umumkan 24 nama melawan timnas Indonesia. (Instagram/@socceroos)

Di atas kertas, akan berat langkah Indonesia untuk menghadapi Australia karena menurut Transfermarkt, harga skuad mereka saat ini mencapai 43,23 juta euro atau Rp 751,3 miliar.

Harga pasar yang menggambarkan ranking Australia saat ini di peringkat ke-24 FIFA. Skuad Australia juga dihuni oleh pemain-pemain cukup muda dengan rata-rata usia 26 tahun.

Baca Juga: Pesan Singkat Shin Tae-yong Lawan Australia: Bohong Kalau Tidak Capai

Saat ini pemain termahal Australia disandang oleh bek Parma berusia 20 tahun, Alessandro Circati, dengan nilai pasar 8,5 juta euro atau 147,7 miliar.

Harga Pasar Skuad Timnas Indonesia

Para pemain Timnas Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan mereka sebelum dimulainya pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Indonesia vs Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 11 Juni 2024.Bay ISMOYO / AFPPara pemain Timnas Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan mereka sebelum dimulainya pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Indonesia vs Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 11 Juni 2024.Bay ISMOYO / AFP

Update terbaru dari Transfermarkt dengan daftar pemain yang dipanggil ke Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, skuad Timnas Indonesia ditaksir bernilai pasar Rp 290,7 miliar.

Harga ini jauh di bawah Australia. Andai Mees Hilgers masuk skuad pun, harga pasar Garuda tetap kalah. Hilgers diketahui punya nilai Rp121 miliar.

Meski demikian, Timnas Indonesia patut berbangga karena punya rata-rata usia lebih muda dibanding Australia yaitu 23,8 tahun.

Untuk pemain termahal saat ini di Timnas Indonesia adalah Thom Haye yang berstatus belum memiliki klub. Harga pasarnya ada di angka 30 juta euro atau sekitar Rp 52 miliar.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #harga #pasar #skuad #timnas #indonesia #australia #tanpa #mees #hilgers #mana #lebih #mahal

KOMENTAR