3 Kerugian Utama Timnas Indonesia Apabila Menaturalisasi Jairo Riedewald
Jairo Riedewald santer dirumorkan membela timnas Indonesia. (Instagram/@royal_antwerp_fc)
19:24
27 Agustus 2024

3 Kerugian Utama Timnas Indonesia Apabila Menaturalisasi Jairo Riedewald

Pemain kelahiran Belanda, Jairo Riedewald, tampaknya mulai memperlihatkan keseriusannya menjadi WNI. Setidaknya, ada tiga potensi kerugian yang dialami Timnas Indonesia apabila menaturalisasi pemain ini.

Jairo Riedewald baru saja memberikan kode dengan menyisipkan bendera merah putih dalam akun Instagramnya, @jriedewald. Ini dianggap sebagai sebuah pernyataan sikap bahwa dirinya siap dinaturalisasi menjadi pemain Timnas Indonesia.

Padahal, ada beberapa aspek yang mesti dihitung ulang oleh PSSI maupun pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, apabila ingin mengajukan Jairo Riedewald dalam program naturalisasi untuk menjadi WNI.

Berikut Suara.com menyajikan sejumlah potensi kerugian yang bakal dialami oleh Timnas Indonesia apabila menaturalisasi Jairo Riedewald.

Baca Juga: Skill Jogo Bonito Rekan Justin Hubner di Belgia: Posisi Winger Berdarah Pekalongan

1. Bukan Pilihan Utama

Jairo Riedewald memang pernah punya rekam jejak yang mentereng karena bermain di Liga Inggris bersama Crystal Palace. Namun, kini dia harus terdampar ke Liga Belgia bersama Royal Antwerp.

Bersama klub itu, pemain berusia 27 tahun tersebut sebetulnya bukan pilihan utama. Sebab, dari total dua laga awal musim 2024/2025, dia hanya turun sebagai pemain pengganti dalam durasi yang singkat.

Pada pertandingan melawan Club Brugge, Jairo tercatat hanya tampil selama tiga menit saja. Sedangkan saat menghadapi klub Sandy Walsh, KV Mechelen, dia bermain selama 27 menit sebagai pemain pengganti.

2. Caps Timnas Belanda

Baca Juga: Jairo Riedewald Heboh Dirumorkan Bela Timnas Indonesia, Netizen Justru Berprasangka Buruk

Sebagai informasi, Jairo Riedewald sudah pernah mengukir debut bersama Timnas Belanda di level senior. Ketika itu, dai bermain pada tiga pertandingan yang tersaji pada Kualifikasi Euro 2016.

Dia bermain saat menghadapi Turki, Kazakhstan, dan Ceko. Itu berarti bahwa peluang Jairo Riedewald untuk memperkuat Timnas Indonesia sudah tertutup karena pernah mengukir caps bersama tim nasional negara lainnya di ajang resmi.

Tentu saja, ini bisa menjadi kerugian besar bagi Timnas Indonesia apabila benar-benar melanjutkan proses naturalisasi tersebut. Sebab, Jairo tak bisa dimainkan pada laga resmi bersama skuad Garuda.

3. Pemain Muda

Kriteria Jairo Riedewald juga sebetulnya tak masuk dalam karakter pemain yang biasanya diproses oleh Shin Tae-yong. Pasalnya, STY kerap menaturalisasi pemain-pemain muda untuk masa depan.

Sementara itu, Jairo sendiri usianya sudah menginjak 27 tahun. Hal ini tentu membuat usia karier Jairo bersama skuad Merah Putih tak panjang,

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #kerugian #utama #timnas #indonesia #apabila #menaturalisasi #jairo #riedewald

KOMENTAR