Mengenal Istilah Gap Year Beserta Jenis dan Tujuannya, Tidak Hanya Berkaitan dengan Kuliah!
Ilustrasi gap year./YouthSense.
07:27
25 Januari 2024

Mengenal Istilah Gap Year Beserta Jenis dan Tujuannya, Tidak Hanya Berkaitan dengan Kuliah!

 

Gap year, kata-kata ini sering muncul pada kalangan muda yang sedang dalam masa transisi dari SMA menuju jenjang Kuliah.

Gap year sendiri secara bahasa berarti jeda setahun, namun secara implementasinya gap year bisa dilakukan lebih atau kurang dari setahun lamanya.

Dilansir dari amigosinternational.org, Gap year secara tradisional didefinisikan sebagai jeda satu tahun antara sekolah menengah atas dan perguruan tinggi atau antara perguruan tinggi dan memasuki dunia kerja.

Namun, gap year tidak harus berlangsung selama satu tahun. Beberapa siswa dapat memilih untuk mengambil cuti beberapa bulan atau satu semester.

Dalam jeda panjang ini, beberapa siswa mungkin menjadi sukarelawan di luar negeri sementara yang lain menghabiskan waktu untuk proyek yang mereka sukai.

Berdasarkan tujuan dan kondisinya, gap year dibagi menjadi empat jenis:

1. Garp year IMERSI

Dalam gap year imersi, kita menghabiskan waktu lama dikelilingi oleh budaya asing. Hal ini biasanya mencakup hal-hal seperti tinggal di luar negeri bersama keluarga angkat, mengikuti kelas bahasa, dan terlibat dalam aktivitas dan praktik budaya.

Gap year Imersi bertujuan mendorong kita keluar dari zona nyaman dan mengajarkan kita secara langsung tentang bagaimana orang lain di dunia hidup.

2. Gap year volunterer

Gap year volunteer atau gap year sukarelawan bertujuan untuk menekan kita agar memberikan dampak positif pada tempat yang kita kunjungi dan orang yang kita temui.

Jenis gap year ini memungkinkan kita menjelajahi bidang minat yang mungkin tidak sempat kita jelajahi sebelumnya.

Peluang yang didapatkan dari menjadi sukarelawan berkisar dari pengembangan ekonomi, desain grafis, pertanian berkelanjutan, dan banyak lagi.

Kita dapat mempelajari keterampilan baru dan merasakan beragam budaya melalui program gap year ini, dengan begitu pula kita bisa menjadi relawan sambil bekerja bersama komunitas lokal.

3. Gap year personal

Meskipun kita dapat berkolaborasi dengan organisasi yang terkait dengan hobi dan minat kita untuk menentukan proyek yang lebih konkret untuk waktu istirahat kita, gap year personal adalah hal yang unik bagi gita.

Dengan gap year personal atau pribadi, kita dapat meluangkan waktu untuk meluncurkan blog makanan yang selalu kita impikan, mengatur Instagram kita untuk mencapai status influencer, atau berbagi kegembiraan melalui hobi favorit kita dengan menjadi instruktur gitar atau pelatih sepak bola.

4. Gap Year Akademik

Gap year akademik biasanya melibatkan penjelajahan kehidupan universitas sebelum berkomitmen pada universitas atau jurusan tertentu.

Program-program ini biasanya ditawarkan oleh institusi akademis seperti Oxford dan RMIT University.

Gap year akademik memungkinkan kita mendaftar di kursus tingkat perguruan tinggi yang menarik serta seringkali dalam lingkungan budaya yang baru dan menarik.

Program gap year akademik adalah pilihan tepat jika kita ingin terus belajar dengan giat bahkan selama waktu istirahat.

Program gap year akademik juga direkomendasikan bagi siswa yang ingin mengeksplorasi minat akademisnya lebih dalam tanpa tekanan untuk memilih jurusan.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #mengenal #istilah #year #beserta #jenis #tujuannya #tidak #hanya #berkaitan #dengan #kuliah

KOMENTAR