Deretan Seniman dari Negeri Belanda yang Terkenal secara Internasional, Salah Satunya Vincent van Gogh
Ilustrasi van Gogh, salah satu Pelukis dari Belanda yang terkenal (pexels.com/cloudd)
15:15
21 September 2024

Deretan Seniman dari Negeri Belanda yang Terkenal secara Internasional, Salah Satunya Vincent van Gogh

Dunia seni dan budaya, khususnya seni lukis identik dengan negara Italia.

Pasalnya, dari Italia lahir pelukis-pelukis terkenal secara internasional, antara lain, Leonardo da Vinci dan Michelangelo.

Sedikit orang yang menyadari bahwa negeri Belanda juga memegang peranan penting dalam perkembangan dunia seni, khususnya seni lukis.

Para seniman Belanda telah memberikan kontribusi besar bagi dinamika dunia seni. Faktanya, zaman keemasan Belanda adalah salah satu masa paling gemilang dalam sejarah seni.

Bahkan, ada salah satu seniman Belanda yang menguasai secara total dari pola dan teknik yang berputar-putar hingga potret kelompok orang yang tersenyum dan bersenang-senang.

Berikut adalah para seniman atau pelukis Belanda yang melanda secara internasional, dikutip dari timesofindia.com, pada Jumat, (20/9):

1. Vincent van Gogh

Membahas seniman Belanda, wajib dimulai dari Vincent van Gogh. Ia adalah salah satu seniman Belanda yang paling terkenal dan layak mendapatkan semua apresiasi dan cinta.

Ia dikenal karena penggunaan warna, pusaran, dan polanya, dan juga karena masa hidupnya di rumah sakit jiwa.

Karya awal van Gogh, seperti “The Potato Eaters” memiliki warna-warni gelap, berani, dan memiliki efek bayangan di sekelilingnya, sedangkan karay-karya potret dan lanskapnya yang cerah, indah, dan sederhana, dan sangat mengagumkan.

2. Rembrandt van Rijn

Biasa disapa dengan Rembrandt adalah pelukis Belanda yang hebat, dan seorang bintang seniman pada zaman keemasan negeri kincir angin dalam dunia seni.

Rembrandt terkenal karena teknik chiaroscuro, permainan cahaya, dan bayangan, serta bagaimana ia memberikan sentuhan kehidupan dan gerakan tertentu pada lukisannya dengan teknik ini.

Salah satu karya Rembrandt yang paling terkenal, “The Night Watch” adalah contoh sempurna dari keahlian chiaroscuro, dan memiliki permainan cahaya dan bayangan yang sempurna pada karakternya.

3. Johannes Vermeer

Adalah seniman zaman keemasan Belanda yang terkenal, dan dikenal dengan lukisannya yang indah dan rinci.

Bahkan, salah satu lukisannya, “Gadis dengan Anting Mutiara”, diakui sebagai “Mona Lisa dari Utara”! Vermeer sangat luar biasa dalam hal menambahkan kesan cahaya alami pada lukisan.

Baik itu cahaya yang tampak seperti kilatan tiba-tiba dalam “Gadis dengan Anting Mutiara” atau cahaya alami yang tampak keluar dari jendela dalam “Pemerah Susu.”

4. Pieter Bruegel the Elder

Adalah seniman Belanda yang terkenal, tetapi cukup dipandang sebelah mata di kalangan seni.

Beberapa lukisannya yang paling terkenal adalah ‘Pemburu di Tengah Salju’ dan ‘Pernikahan Petani’.

Lukisan-lukisannya sebagian besar menggambarkan aktivitas, penuh dengan orang-orang di sekelilingnya, dan menampilkan lanskap musim dingin, musim semi, atau musim gugur.

5. Frans Hals

Frans Hals adalah salah satu pelukis Belanda yang bersinar dari zaman keemasannya. Hals dikenal karena potretnya yang masih hidup, dan kesan alami yang dimiliki lukisannya.

Hals bukan seorang pelukis lanskap, dan daya tariknya tertuju pada lukisan potret dan orang.

Bahkan, lukisan potretnya bukan sekadar orang yang berdiri atau duduk di suatu tempat yang menunggu untuk di bingkai di atas kanvas, melainkan potret yang alami, jujur, dan penuh dengan kegembiraan.

Karakter Hals penuh dengan kehidupan dan energi, dan itulah yang membedakan ia dari yang lain.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #deretan #seniman #dari #negeri #belanda #yang #terkenal #secara #internasional #salah #satunya #vincent #gogh

KOMENTAR