Wajib Tahu! Ini 5 Amalan Penting Umat Islam bagi Anak untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal Dunia
5 Amalan Penting Umat Islam bagi Anak untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal Dunia./Pixabay
20:57
11 September 2024

Wajib Tahu! Ini 5 Amalan Penting Umat Islam bagi Anak untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal Dunia

- Salah satu kewajiban terpenting bagi seorang anak adalah berbakti kepada kedua orang tua. Kewajiban ini tidak hanya berlaku selama orang tua masih hidup, namun juga setelah mereka meninggal dunia.

Sebagai anak, kita tetap memiliki tanggung jawab untuk menjaga hubungan dan menghormati orang tua, bahkan setelah mereka tiada.

Dalam ajaran Islam, seseorang yang sudah meninggal dunia akan terlepas dari semua persoalan kehidupan kecuali tiga perkara, yaitu amal jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak sholeh.

Melalui artikel ini kita akan mengulas lebih dalam beberapa bentuk berbakti kepada orang tua yang telah meninggal, di antaranya adalah mendoakan mereka, berziarah ke makam dan bentuk ibadah lainya.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, kita dapat mengharapkan ridha dan keberkahan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala, serta menjadi anak yang berbakti.

Dilansir melalui channel YouTube Ibadah Lengkap pada Rabu (11/9), berikut ini adalah lima amalan penting yang harus dilakukan oleh anak kepada orang tuanya yang sudah meninggal dunia.

1. Mendoakan Orang Tua

Salah satu bentuk berbakti kepada orang tua yang telah meninggal adalah dengan senantiasa mendoakan mereka. Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, "Siapa yang berbakti kepada kedua orang tuanya, maka Allah akan melindunginya di Hari Kiamat." (HR. Ibnu Hibban dan Al-Hakim)

Mendoakan orang tua yang telah meninggal dapat dilakukan kapan saja, tidak hanya setelah selesai shalat fardhu. Namun, sebagaimana diriwayatkan, doa yang dipanjatkan setelah shalat fardhu adalah doa yang paling mustajab (dikabulkan). Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam pernah ditanya tentang doa mana yang paling didengar atau diijabah oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala, maka beliau menjawab, "Doa di akhir malam, doa di pertengahan malam, dan doa setelah shalat fardhu."

Adapun doa yang dapat dibaca untuk mendoakan orang tua yang telah meninggal adalah:

"Allahummaghfirlahu warhamhu wa 'āfihi wa'fu 'anhu."
(Ya Allah, ampunilah ia, rahmatilah ia, sehatkan ia, dan maafkanlah ia.)

Jika yang didoakan adalah ibu, maka kata ganti "hu" (nya) diganti dengan "ha" (nya). Sedangkan jika yang didoakan adalah kedua orang tua, maka kata ganti "hu" (nya) diganti dengan "huma" (keduanya).

2. Berziarah ke Makam Orang Tua

Selain mendoakan, bentuk lain dari berbakti kepada orang tua yang telah meninggal adalah dengan berziarah ke makam mereka. Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, "Ziarahilah kubur, karena hal itu akan mengingatkan kalian akan akhirat." (HR. Muslim)

Berziarah ke makam orang tua tidak hanya untuk mendoakan mereka, namun juga untuk mengingatkan diri sendiri akan kematian dan kehidupan akhirat. Selain itu, dengan berziarah, kita juga dapat merasakan kedekatan dengan orang tua dan memperbarui hubungan dengan mereka.

3. Meneladani Kebaikan Orang Tua

Salah satu bentuk berbakti kepada orang tua yang telah meninggal adalah dengan meneladani kebaikan dan kebajikan mereka. Sebagai anak, kita dapat mengambil pelajaran dari sifat-sifat terpuji yang dimiliki oleh orang tua dan berusaha untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya, jika orang tua kita dikenal sebagai pribadi yang sabar, dermawan, dan selalu membantu sesama, maka kita dapat berusaha untuk meneladani sifat-sifat tersebut. Dengan demikian, kita dapat melanjutkan warisan kebaikan orang tua dan menjadi anak yang berbakti.

4. Memenuhi Wasiat Orang Tua

Bentuk lain dari berbakti kepada orang tua yang telah meninggal adalah dengan memenuhi wasiat atau amanat yang mereka tinggalkan. Jika orang tua kita meninggalkan pesan atau permintaan tertentu, maka sudah menjadi kewajiban kita sebagai anak untuk berusaha memenuhinya.

Memenuhi wasiat orang tua tidak hanya bernilai ibadah, namun juga dapat menjadi bentuk penghormatan dan bakti kita kepada mereka. Dengan melaksanakan wasiat orang tua, kita dapat mengharapkan ridha dan keberkahan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

5. Menjaga Hubungan dengan Keluarga

Selain itu, salah satu bentuk berbakti kepada orang tua yang telah meninggal adalah dengan menjaga hubungan baik dengan keluarga mereka, seperti saudara, kerabat, dan lain-lain. Orang tua pasti menginginkan agar keluarga mereka tetap rukun dan saling menjaga silaturahmi.

Dengan menjaga hubungan baik dengan keluarga, kita tidak hanya menghormati orang tua, namun juga menjaga warisan mereka berupa keluarga yang harmonis. Hal ini juga dapat menjadi bentuk doa dan bakti kepada orang tua yang telah tiada.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #wajib #tahu #amalan #penting #umat #islam #bagi #anak #untuk #orang #yang #sudah #meninggal #dunia

KOMENTAR