Agus Gumiwang Ngaku Siap Lantik Bahlil Lahadalia jadi Ketum Golkar, Asalkan...
Plt Ketum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita. (Suara.com/Bagaskara)
10:36
20 Agustus 2024

Agus Gumiwang Ngaku Siap Lantik Bahlil Lahadalia jadi Ketum Golkar, Asalkan...

Plt Ketua Umum DPP Partai Golkar, Agus Gumiwang bicara soal peluang Bahlil Lahadalia untuk segera dilantik menjadi Ketua Umum Partai Golkar lewat Musyawarah Nasional (Munas). Pasalnya, Bahlil kekinian berpotensi menjadi calon tunggal ketua umum, usai Ridwan Hisjam gagal maju. 

Agus awalnya menyampaikan, kalau memang hanya Bahlil seorang yang memenuhi syarat, maka akan menjadi calon tunggal ketua umum. 

"Ya kalau hanya satu kader partai Golkar yang memang disahkan dianggap lolos dari persyaratan atau dianggap memenuhi persyaratan ya saya kira beliau akan menjadi calon tunggal," kata Agus di arena Rapimnas dan Munas Golkar di JCC, Senayan, Jakarta, Selasa (20/8/2024). 

Bahlil Lahadalia menyampaikan keterangan di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin (19/8/2024). [Suara.com/Faqih]Bahlil Lahadalia menyampaikan keterangan di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin (19/8/2024). [Suara.com/Faqih]

Dengan adanya hanya calon tunggal, kata Agus, jika memenuhi syarat juga Bahlil kemungkinan akan langsung ditetapkan sebagai ketua umum yang baru. 

Baca Juga: Reshuffle Bikin PDIP Panas, Reaksi Bahlil soal Surat Senior Minta Jokowi jadi Ketum Golkar

"(Kalau memenuhi syarat) dan kan segera kami tetapkan dalam munas ini," ujarnya. 

Di sisi lain, Agus bicara soal harapannya dalam Munas Golkar kali ini. Ia mengatakan, dari Munas, Golkar bisa terus dipercaya oleh masyarakat. 

"Kami lihat hasil pemilu kemarin bisa mendapatkan posisi kedua terbesar dan kita harapkan 5 tahun ke depan kita juga akan memperkuat posisi itu dan juga dalam pilkada-pilkada yang akan segera kita laksanakan itu juga Golkar akan banyak menoreh atau meraih prestasi," pungkasnya. 

Ridwan Hisjam Gagal Maju

Sebelumnya, Ridwan Hisjam gagal maju dalam kontestasi memperebutkan kursi Ketua Umum Partai Golkar usai dinyatakan tidak lolos verifikasi berkas pendaftaran. 

Baca Juga: Pilkada Jakarta: Kontroversi Paslon Independen Dharma-Kun, RK-Suswono Ditantang Lawan Kotak Kosong Ketimbang 'Boneka'

Ketua Steering Committe Rapimnas dan Munas Partai Golkar Adies Kadir mengatakan, Bahlil bakal menjadi calon tunggal dalam munas partai beringin tersebut. 

"Berkas pendaftaran bakal calon atas nama Ridwan Hisjam dinyatakan tidak memenuhi persyaratan sebagai calon ketua umum partai Golkar pada Munas XI partai Golkar tahun 2024," kata Adies di DPP Partai Golkar, Senin (19/8/2024) malam. 

Anggota Dewan Pakar DPP Partai Golkar Ridwan Hisjam usai dipanggil Dewan Etik pada Selasa (18/7/2023). [Suara.com/Novian]Anggota Dewan Pakar DPP Partai Golkar Ridwan Hisjam usai dipanggil Dewan Etik pada Selasa (18/7/2023). [Suara.com/Novian]

Sementara berkas kelengkapan Bahlil, lanjut Adies, telah dinyatakan lengkap dan memenuhi persyaratan. 

"Berkas pendaftaran bakal calon atas nama Bahlil Lahadalia dinyatakan lengkap dan memenuhi persyaratan sebagai calon ketua umum pada Munas ke XI Partai Golkar tahun 2024," jelasnya. 

Adies mengatakan, gagalnya Ridwan Hisjam melaju dalam pemilihan kata Adies, lantaran ada 2 persyaratan dari 7 persyaratan yang tidak dipenuhi. Namun, hal itu tidak disampaikan secara gamblang. 

"Dari 7 persyaratan ada 2 persyaratan yang tidak terpenuhi. Yang paling ini adalah surat dukungan," katanya. 

Hingga tenggat waktu yang ditentukan, kata Adies, pihaknya hanya menerima 2 nama yang mencalonkan menjadi bakal calon ketua partai berlambang pohon beringin. 

"Dalam tenggang waktu pendaftaran tsb komite pemilihan menerima dua bakal calon ketum yg mendaftar atas nama Ridwan Hisjam, dan Bahlil Lahadalia," katanya.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #agus #gumiwang #ngaku #siap #lantik #bahlil #lahadalia #jadi #ketum #golkar #asalkan

KOMENTAR