Bahlil Lahadalia Resmi Daftar Bacalon Ketum Golkar, Sebut Didukung 469 Suara DPD I dan DPD II
Bahlil Lahadalia resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon Ketua Umum Partai Golkar periode 2024-2029 dengan menyerahkan sejumlah berkas persyaratan ke Ketua Steering Commitee (SC) Rapimnas dan Munas XI Golkar, Adies Kadir di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta pada Senin (19/8/2024). 
20:43
19 Agustus 2024

Bahlil Lahadalia Resmi Daftar Bacalon Ketum Golkar, Sebut Didukung 469 Suara DPD I dan DPD II

Bahlil Lahadalia resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon (bacalon) Ketua Umum Partai Golkar periode 2024-2029 pada Senin (19/8/2024) di Jakarta Convention Center (JCC).

Pada saat mendaftar, Bahlil menyerahkan sejumlah berkas persyaratan seperti Kartu Tanda Anggota (KTA), KTP, hingga surat pernyataan untuk tidak pernah keluar dari Partai Golkar.

Selain itu, sosok yang baru saja dilantik menjadi Menteri ESDM itu mengungkapkan pencalonannya sebagai Ketua Umum Golkar didukung 469 daerah.

"Pak Ketua, izinkan saya sebagai calon Ketua Umum DPP Golkar dengan masa bakti 2024-2029, menyerahkan seluruh dokumen yang diisyaratkan dalam AD/ART terkait syarat-syarat pencalonan."

"Ada SK Kepengurusan saya, ada KTA saya, KTP saya, surat pernyataan tidak akan keluar dari partai, dan mendapatkan dukungan yang mempunyai hak suara yaitu 469 daerah," ujarnya sambil menyerahkan berkas pendaftaran ke Ketua Steering Commitee (SC) Munas Golkar, Adies Kadir, dikutip dari YouTube Kompas TV.

Setelah itu, SC Munas Golkar akan memverifikasi berkas persyaratan Bahlil dalam pencalonannya sebagai caketum Partai Golkar.

Adies Kadir lalu mengungkapkan pengumuman lolos atau tidaknya Bahlil sebagai caketum Golkar juga akan diumumkan hari ini sekira pukul 22.00 WIB.

"Nanti penutupan (pendaftaran) sampai jam 22.00 WIB. InsyaAllah jam 22.05 WIB, kami akan umumkan lewat press conference kira-kira calon ketua umum mana yang memenuhi persyaratan untuk menjadi calon Ketua Umum Golkar di Munas yang akan datang," kata Adies Kadir.

Sebelumnya, politis senior sekaligus anggota Dewan Pakar Golkar, Ridwan Hisjam juga mendaftarkan diri sebagai bacalon Ketua Umum Golkar periode 2024-2029 pada sore tadi.

Dia dengan pendukungnya menyerahkan langsung berkas persyaratan sebagai Caketum ke DPP Golkar.

"Saya kira tidak tiba-tiba jadi memang saya sudah mempersiapkan diri yaitu menjadi calon ketua umum," kata Ridwan.

Ridwan mengaku sudah siap untuk berkontestasi dalam perebutan jabatan orang nomor satu di Golkar tersebut.

"Saya sudah siap sejak 2019-2024 mungkin teman-teman kalau masih ingat ada jejak digitalnya, saya dalah 8 orang pendaftar setelah itu 3 orang tidak memnuhi persyaratan administrasi 5 orang memenuhi persyaratan," tuturnya.

Rapimnas dan Munas Partai Golkar Siap Digelar Besok

Sementara, Ketua Pelaksana Rapimnas dan Munas XI Partai Golkar, Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan Rapimnas dan Munas XI Golkar sudah berjalan sangat baik.

Dia menegaskan partai beringin siap untuk menggelar Rapimnas dan Munas yang bakal digelar selama dua hari yaitu Selasa dan Rabu (20-21/8/2024).

"Agenda utamanya memilih Ketua Umum DPP Partai Golkar Periode 2024,2029, menggantikan Airlangga Hartarto yang mengundurkan diri pekan lalu," katanya di JCC, Jakarta, Senin siang.

Bamsoet menuturkan Rapimnas bakal digelar oleh Plt Ketua Umum Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK) pada pukul 08.00 WIB.

Adapun agenda yang dibahas adalah pengesahan pengunduran diri Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Partai dan pengesahan AGK sebagai Plt Ketum Partai Golkar.

Kemudian, agenda selanjutnya adalah penetapan jadwal dan materi Munas.

"Rapimnas akan diikuti sekitar 500 peserta. Rapimnas dijadwalkan akan selesai pukul 13.00 WIB. Dilanjutkan dengan pembukaan Munas XI oleh Plt Ketua Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita pukul 15.00 WIB di tempat yang sama," ujarnya.

(Tribunnews.com/Yohanes Liestyo Poerwoto/Fersianus Waku/Rizki Sandi Saputra)

Artikel lain terkait Partai Golkar dan Dinamikanya

Editor: Garudea Prabawati

Tag:  #bahlil #lahadalia #resmi #daftar #bacalon #ketum #golkar #sebut #didukung #suara

KOMENTAR