Ace Hasan Ungkap Munas Golkar Dipercepat Menjadi 20-21 Agustus, Mundurnya Airlangga Jadi Alasan
Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily mengungkap alasan mengapa Musyawarah Nasional (Munas) partai Golkar tak sesuai jadwal. 
09:07
19 Agustus 2024

Ace Hasan Ungkap Munas Golkar Dipercepat Menjadi 20-21 Agustus, Mundurnya Airlangga Jadi Alasan

- Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily mengungkap alasan mengapa Musyawarah Nasional (Munas) partai Golkar tak sesuai jadwal.

Diketahui Partai Golkar seyogyanya akan menggelar Munas pada Desember 2024.

Namun karena mundurnya Airlangga Hartarto, sehingga terjadi kekosongan jabatan ketua umum.

Akibatnya kata Ace, Munas Golkar dipercepat digelar 20-21 Agustus mendatang.

"Kita sudah tahu terjadi kekosongan ketua umum, karena itu kebutuhan organisasi kita membutuhkan kepemimpinan yang definitif," kata Ace kepada awak media di kantor DPP Partai Golkar, Minggu (18/8/2024).

Oleh karena itu, kata Ace langkah melaksanakan musyawarah nasional sesegera mungkin adalah bagian dari menjaga kepemimpinan partai Golkar.

"Agar kita memiliki ketua umum baru karena kita akan menghadapi Pilkada Serentak, penetapan AKD, pimpinan DPR, DPRD kabupaten, kota dan provinsi. Dan saya kira itu membutuhkan kepemimpinan yang baru," tegasnya.

Diketahui Partai Golkar akan menggelar rapimnas dan munas pada 20-21 Agustus 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) untuk menentukan ketua umum baru pengganti Airlangga Hartarto.

"Rapimnas akan digelar pada 20 Agustus jam 8 pagi, pembukaan rapimnas akan dibuka Plt Ketua Umum diharapkan selesai 13.00 WIB dan dilanjutkan persiapan munas jam 14.00," kata Ketua Panitia dan Penyelenggara Rapimnas dan Munas Golkar, Bambang Soesatyo di kantor DPP Partai Golkar, Minggu (18/8/2024).

Bamsoet mengatakan agenda Rapat Pimpinan Nasional partainya itu akan mengesahkan pengunduran diri Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Selain itu akan ada pengesahan Plt Ketum Partai Golkar dan pengesahan jadwal munas yang akan dilaksanakan pada waktu yang sama.

"Para pimpinan daerah ketua-ketua daerah, sekjen dan bendahara diharapkan sudah hadir semua di Jakarta untuk mengikuti rapimnas dari 38 provinsi, dan kemudian disusul hampir 558 pengurus kabupaten kota akan kumpul di JCC," terangnya.

Selain itu dikatakan Bamsoet undangan rapimnas diperkirakan mencapai 500 lebih peserta dan munas 1.500 peserta.

"Munas akan dibuka 15.00 WIB dibuka langsung Ketua Plt Ketum. Dengan agenda sebagaimana munas dilakukan. Dan diharapkan munas lanjutan setelah hari pertama pada tanggal 21 pada pukul 09.00 untuk mendengarkan laporan komisi dan dilanjutkan pemilihan atau penetapan Ketum Golkar 2024-2029," kata Bamsoet.

Sementara itu untuk pembukaan pendaftaran Ketum Golkar, dikatakan Bamsoet dimulai besok jam 16.00 WIB sampai pukul 22.00 malam.

"Tentu saja sesuai dengan persyaratan yang diatur dalam AD/ART. Tema kita adalah Golkar solid untuk Indonesia maju,” tegasnya.

Editor: Dewi Agustina

Tag:  #hasan #ungkap #munas #golkar #dipercepat #menjadi #agustus #mundurnya #airlangga #jadi #alasan

KOMENTAR