VIDEO HUT Ke-79 RI, Kementerian Kominfo Hadirkan Akses Internet di Desa Ilan Batu Uru Luwu Sulsel
11:36
18 Agustus 2024

VIDEO HUT Ke-79 RI, Kementerian Kominfo Hadirkan Akses Internet di Desa Ilan Batu Uru Luwu Sulsel

Pada HUT ke-79 Republik Indonesia (RI), akhirnya masyarakat di Desa Ilan Batu Uru, Kecamatan Walenrang Barat, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan bisa merasakan akses internet yang lebih mudah.

Akses internet ini dihadirkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) hadirkan akses internet.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan penyediaan akses internet BAKTI Kominfo dengan jaringan internet SATRIA 1 telah resmi beroperasi melayani fasilitas publik dan pemerintahan di Desa Ilan Batu Uru sejak 12 Agustus 2024.

Adapun pengadaan akses internet di desa ini merupakan perwujudan dari laporan yang diterima Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi terkait warga Desa Ilan Batu Uru yang belum mendapatkan akses jaringan internet.

Setelah dicek, memang Desa Ilan Batu Uru menjadi salah satu target dari 263 lokasi yang akan disediakan layanan internet di Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2024.

Simak laporan lan gsung reporter Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy yang berada di lokasi. Berikut laporannya untuk Anda.

Naik Motor Trail Cek Wi-Fi Gratis di Pelosok Kabupaten Luwu

Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo Fadhilah Mathar mengendarai motor trail untuk mengecek akses internet di Desa Ilan Batu Uru, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Sabtu (17/8/2024).

Bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia (RI), wanita yang akrab disapa Indah itu langsung tancap gas ke Desa Ilan Batu Uru usai mengikuti upacara peringatan Kemerdekaan RI di lapangan Kecamatan Walenrang Barat.

Menggunakan motor trail berwarna hitam, lengkap dengan jaket BAKTI Kominfo, dan helm hitam, Indah mengendarai motor trail sejauh 19 kilometer (km).

Indah lebih memilih menggunakan motor trail dibanding naik mobil berpenggerak empat roda (four wheel drive) atau 4x4 supaya lebih cepat sampai.

Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo Fadhilah Mathar mengendarai motor trail untuk mengecek akses internet di Desa Ilan Batu Uru, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Sabtu (17/8/2024). Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo Fadhilah Mathar mengendarai motor trail untuk mengecek akses internet di Desa Ilan Batu Uru, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Sabtu (17/8/2024). (Tribunnews/Apfia)

Waktu tempuh menggunakan mobil memang lebih lama karena akses jalannya berbatu, kemudian menanjak dan juga berliku.

“Menang jalurnya susah kalau pakai mobil dan jalannya naik terus ke gunung, dan gak ada aspal jadi kita harus naik motor trail,” kata Indah.

Indah bahkan sempat sekali terjatuh saat menuju Desa Ilan Batu Uru namun ia langsung bangun dan tancap gas lagi.

Indah menyatakan wilayah-wilayah yang belum mendapatkan akses internet lokasinya di pelosok dan beberapa sulit diakses dengan kendaraan roda empat bahkan ada yang harus menggunakan helikopter.

Alhasil ia sudah beberapa kali mengendarai motor trail saat meninjau lokasi-lokasi pengadaan akses internet.

“Beberapa kali sempat bawa trail, jadi biasa kita makai motor gini sama teman-teman BAKTI karena memang lokasi-lokasi pemasangan internet gratis kita seperti itu,” kata Indah.

Tidak hanya saat menuju lokasi, saat pulang dari lokasi Indah juga memilih mengendarai motor trail bahkan menyalip tim rombongan yang menggunakan mobil.

Adapun ketersediaan internet berupa Wi-Fi gratis di Desa Ilan Batu Uru ini baru beroperasi sejak 12 Agustus 2024 lalu.

Akses internet ini pun bagaikan kado bagi masyarakat Desa Ilan Batu Uru di HUT Ke-79 RI.

Saat ini fasilitasnya tersedia di tiga titik, yakni di Posyandu Kamboja 2, di Rumah Desa Sehat serta di SDN 489 Paranta dan SMP Sapta Paranta.

BAKTI Kominfo menargetkan 20.000 titik lokasi layanan internet Satria 1 di seluruh Indonesia pada tahun 2024.

Sejak 8 Agustus 2024, Program BAKTI AKSI telah melayani total 18.712 lokasi yang tersebar dari Sumatera hingga Papua.

Kemudian 4.078 dari total lokasi akses internet BAKTI Kominfo telah dilayani Satria 1 yang memiliki kapasitas kecepatan 150 Gbps untuk konektivitas internet lebih luas dan cepat.(*)

Editor: Srihandriatmo Malau

Tag:  #video #kementerian #kominfo #hadirkan #akses #internet #desa #ilan #batu #luwu #sulsel

KOMENTAR