Usai Veddriq Leonardo Raih Emas Olimpiade Paris, Pemerintah RI: Cabor Panjat Tebing jadi Andalan Baru
Usai Veddriq Leonardo Raih Emas Olimpiade Paris, Pemerintah RI: Cabor Panjat Tebing jadi Andalan Baru. (AFP)
20:56
12 Agustus 2024

Usai Veddriq Leonardo Raih Emas Olimpiade Paris, Pemerintah RI: Cabor Panjat Tebing jadi Andalan Baru

Cabang olahraga (cabor) panjat tebing kini menjadi unggulan Indonesia untuk ajang internasional setelah berhasil rain medali emas Olimpiade Paris 2024. 

Deputi V Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Warsito menyebutkan, prestasi yang berhasil diraih oleh Veddriq Leonardo itu menjadi angin segar bagi Indonesia untuk menambah cabor andalan.

"Cabang panjat tebing yang tentu menjadi andalan baru. Selain panahan, bulutangkis, dan juga angkat besi, ini suatu angin segar sejatinya bagaimana membawa nuansa baru keolahragaan di Indonesia," kata Warsito saat temu media di kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin (12/8/2024).

Veddriq Leonardo (Tengah) Saat Sukses Raih Medali Emas di Cabor Panjat Tebing Olimpiade Paris 2024 di Kategori Men' Speed. (instagram.com/@climbers)Veddriq Leonardo (Tengah) Saat Sukses Raih Medali Emas di Cabor Panjat Tebing Olimpiade Paris 2024 di Kategori Men' Speed. (instagram.com/@climbers)

Tugas pemerintah selanjutnya, kata Warsito, harus memastikan pusat pelatihan berbagai cabang olahraga unggulan itu bisa mendapatkan pendanaan yang sesuai. 

Baca Juga: Hore! Atlet Indonesia Peraih Medali Olimpiade Paris Bakal Diguyur Bonus Fantastis, Ini Rinciannya!

"Bagaimana nanti dari tata kelola, pembinaan atlet dan seterusnya yang akan didukung oleh pemerintah," ujarnya.

Untuk hasil medali di olimpiade, di mana Indonesia mendapatkan satu perunggu dari Gregoria Mariska Tunjung dari cabang olahraga bulutangkis tunggal putri; medali emas dari atlet panjat tebing Veddriq Leonardo, serta medali emas dari cabor angkat besi Rizki Juniansyah.

Diakui Warsito kalau perolehan tersebut masih kurang dari target. Karenanya, pemerintah juga turut lakukan evalusi sebagai persiapan untuk Olimpiade Los Angeles 2028.

"Bahkan kita juga sudah melalui persiapan kita untuk PON XXI Yang sebentar lagi akan kita helat di bulan depan di Sumatera Barat dan Aceh. Ini adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kita menyiapkan di olimpiade 2028 di LA, USA," ujarnya.

Baca Juga: Tom Cruise Terjun Payung dari Menara Eiffel, Sambut Olimpiade Los Angeles 2028!

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #usai #veddriq #leonardo #raih #emas #olimpiade #paris #pemerintah #cabor #panjat #tebing #jadi #andalan #baru

KOMENTAR