Para Menteri Sudah Berada di IKN Jelang Sidang Kabinet Hari Ini, Jokowi Kembali Berkantor di IKN
Wakil Presiden RI (Wapres) KH. Ma'ruf Amin memimpin doa bersama saat tiba di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (11/8/2024). 
06:37
12 Agustus 2024

Para Menteri Sudah Berada di IKN Jelang Sidang Kabinet Hari Ini, Jokowi Kembali Berkantor di IKN

- Hari ini Senin (12/8/2024) akan berlangsung sidang kabinet paripurna perdana di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang juga Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono mengatakan para menteri yang diundang untuk hadir dalam sidang kabinet paripurna ada yang menginap di Istana.

Selain itu ada juga yang langsung pulang usai sidang kabinet paripurna.

Sebab para menteri memiliki jadwal kesibukan masing-masing.

Sejumlah menteri diketahui sudah berada di IKN. Sebut saja Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

AHY melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur (Kaltim), Minggu (11/8/2024).

Pantauan Tribunnews, AHY tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan sekitar pukul 11.15 Wita didampingi oleh beberapa jajaran ATR/BPN.

Sementara Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono sudah lebih dulu berada di IKN.

Basuki sudah berada di IKN pada Jumat (9/8/2024) lalu.

"Ada yang menginap (menteri), kalau saya tanggal 9 sudah di sana. Tergantung beliau-beliau (menteri)," kata Basuki.

Berikut daftar sejumlah menteri yang terpantau sudah berada di IKN:

  1. Menteri PUPR sekaligus Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono
  2. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
  3. Menteri Sekretaris Negara Pratikno
  4. Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.
  5. Sekretaris Kabinet Pramono Anung
  6. Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang juga Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni
  7. Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto
  8. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita

Presiden Jokowi dan para menteri juga sudah datang di IKN sejak Minggu (11/8/2024).

Pada malam harinya, Jokowi dan para menteri makan malam bersama di Nusantara.

Jokowi juga dijadwalkan akan kembali berkantor di IKN selama beberapa hari ke depan.

"Presiden akan kembali berkantor di IKN selama beberapa hari ke depan," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana dikutip Senin (12/8/2024).

Presiden Jokowi diagendakan untuk melakukan sidang kabinet paripurna pertama di IKN dan melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) sejumlah infrastruktur pendukung di IKN.

Saat bertolak ke IKN, Jokowi lepas landas menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, sekitar pukul 14.00 WIB.

Setibanya di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Presiden langsung menuju IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, menggunakan helikopter Super Puma TNI AU.

Turut mendampingi Jokowi dalam penerbangan menuju Kalimantan Timur adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.

Kemudian, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang juga Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni.

Lanskap Desain Istana Kepresidenan Nusantara di Ibu Kota Negara, Kalimantan. (Foto: Dok. Nyoman Nuarta). Lanskap Desain Istana Kepresidenan Nusantara di Ibu Kota Negara, Kalimantan. (Foto: Dok. Nyoman Nuarta). (Kemenparekraf.go.id)

Para Menteri Merapat ke IKN

Seluruh Menteri Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin merapat ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (11/8/2024) malam.

Terpantau di lokasi, terlihat beberapa menteri dengan menumpangi mobil dinas masing-masing tiba beriringan ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di IKN.

Mereka yang terlihat hadir sejak pukul 16.00 WIB yakni Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita.

Terlihat juga, ada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan seluruh menteri lainnya yang hadir secara bergantian.

Tak hanya itu, di sela masuknya mobil dinas para menteri, terlihat juga mobil dinas Wakil Presiden RI (Wapres) KH. Ma'ruf Amin dengan pelat nomor 'Indonesia 2'.

Sebagai informasi, kehadiran para menteri hingga Wapres RI ini adalah untuk menghadiri acara makan malam atau dinner bersama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Mereka akan bertemu dan makan malam bersama Jokowi di Plaza Seremoni KIPP IKN.

Namun, pertemuan makan malam dengan Jokowi ini tidak dapat diliput oleh awak media.

Setelahnya, pada Senin (12/8/2024), Presiden RI Joko Widodo akan memimpin sidang kabinet paripurna perdana di Istana Garuda IKN.

Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat tiba di Balikpapan, Kalimantan Timur membenarkan dirinya akan mengikuti sidang kabinet paripurna di IKN.

"Saya dan jajaran ATR/BPN akan berkegiatan tentunya secara khusus besok kita akan mengikuti sidang kabinet paripurna pertama yang dipimpin langsung oleh bapak presiden Jokowi menghadirkan seluruh anggota kabinet pertama kalinya di IKN," kata AHY saat ditemui di Bandara Balikpapan, Minggu siang.

Ia menyatakan, sidang kabinet perdana ini juga akan menjadi momen yang bersejarah.

Karena dalam momen ini, kabinet Presiden Jokowi-Ma'ruf Amin juga akan membahas soal pelaksanaan upacara bendera memperingati HUT RI ke-79 tahun di IKN.

"Jadi tentu ini akan menjadi moment yang penting dan bersejarah tentunya kita berharap persiapan-persiapan menuju peringatan hari Kemerdekaan kita 17 Agustus nanti juga bisa berjalan dengan baik progresnya baik dan bisa diselenggarakan dengan sukses dan monumental," ujar dia.

Pak Bas Pastikan Sidang Kabinet di IKN Siap Digelar

Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono memastikan kesiapan sidang kabinet perdana di IKN 12 Agustus 2024. 

Menteri PUPR itu mengatakan ruangan hingga furnitur sudah siap semua.

"Ruangan sudah. Kalau kursi dan lain-lain dari Setneg dan udah di sana semua," ujar Basuki kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (5/8/2024).

Namun Basuki belum mengetahui sidang kabinet digelar di Istana Garuda atau Istana Negara di IKN.

"Akan kita siapkan dua-duanya. Di Istana negara itu kita siapkan hall-nya. Ada empat hallnya dan ruang sidangnya," kata Basuki.

Basuki juga memastikan air dan listrik aman.

"Listrik, internet aman. Air ini lagi dicek terus sampai tanggal 10," pungkasnya.

Sebelumnya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang juga Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa sidang kabinet paripurna di Istana Garuda IKN, Kalimantan Timur, akan digelar pada 12 Agustus mendatang.

Hal itu disampikan Basuki usai rapat terbatas di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (31/7/2024).

"Ya tanggal 11 beliau (Jokowi) kesana, (tanggal) 12 direncanakan sidang kabinet di sana," kata Basuki.

Menurut Basuki sarana dan prasarana sudah terbilang cukup untuk menggelar sidang kabinet paripurna. Tidak hanya air dan listrik, melainkan juga furnitur.

"Furnitur kan dari Setneg sudah di sana semua, tinggal masang masang, air sudah masuk, sampai ke Hotel Nusantara. Insyaallah," katanya.

"Ya minimal jalan sudah oke, kawasan oke, Istana Negara, Istana Garuda, sudah," katanya.

Basuki mengatakan para menteri yang diundang untuk hadir dalam sidang kabinet paripurna ada yang menginap di Istana ada yang langsung pulang usai sidang kabinet paripurna.

Tag:  #para #menteri #sudah #berada #jelang #sidang #kabinet #hari #jokowi #kembali #berkantor

KOMENTAR