Momen Siswa SD Hormat Bendera Beralas Lumpur Bikin Publik Mewek, HUT RI ''Mahal'' di IKN Diungkit: Termasuk Sewa Alphard
Foto siswa SD terendam lumpur di halaman sekolah saat mengikuti upacara bendera. (tangkapan layar/Instagram)
15:28
9 Agustus 2024

Momen Siswa SD Hormat Bendera Beralas Lumpur Bikin Publik Mewek, HUT RI ''Mahal'' di IKN Diungkit: Termasuk Sewa Alphard

Beredar sekumpulan foto di media sosial yang menampilkan seorang siswa Sekolah Dasar (SD) rela berdiri di atas tanah berlumpur di halaman sekolah demi mengikuti upacara bendera.

Penampakan foto siswa dengan sikap hormat saat Merah-Putih dikibarkan viral menjelang pemerintah Presiden Jokowi menggelar peringatan HUT RI ke-79 untuk pertama kalinya di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Pelaksanaan HUT RI di IKN yang dikabarkan menelan biaya besar itu juga akan terhubung langsung di Istana Negara, Jakarta.

Foto siswa SD yang mengikuti upacara bendera di halamam sekolah yang berlumpur itu turut dibagikan ulang oleh penulis Maman Suherman alias Kang Maman lewat akun Instagram pribadinya, Jumat (9/8/2024).

Baca Juga: Start di Stadion Batakan, Begini Rute Bus Rombongan Tamu HUT RI di IKN: Dijaga Ketat dan Lewat Tol Bebas Hambatan!

Foto siswa SD terendam lumpur di halaman sekolah saat mengikuti upacara bendera. (tangkapan layar/Instagram)Foto siswa SD terendam lumpur di halaman sekolah saat mengikuti upacara bendera. (tangkapan layar/Instagram)

Dalam unggahannya, tampak siswa SD tetap khidmat mengikuti upacara bendara meski halaman sekolahnya becek oleh lumpur.

Anak laki-laki itu pun tampak mengambil sikap hormat ketika siswa lain bertugas menjadi pengibar Sang Saka Merah Putih di halaman sekolah berlumpur tersebut. Dalam foto itu juga, tampak sejumlah guru dan puluhan siswa lainnya turut berbaris ketika mengikuti upacara bendera.

Kang Maman pun turut memberikan keterangan yang cukup menohok atas foto yang turut dibagikannya itu.

"Berdiri, Menghormat Di atas Tanah Air Indonesia Demi dan untuk Merah-Putih," tulisnya dilihat Jumat.
Kang Maman.

"Tidak apa apa bu bajuku kotor untuk menjunjung bendera negaraku, karena pahlawan dulu baju bercucuran darah demi memerdekakan negara ini," tulisnya.

Selain itu, Kang Maman turut menyertakan link sebuah berita terkait momen siswa SD yang rela terendam lumpur di halaman sekolah demi mengikuti upacara bendera.

Berdasar link berita yang dibagikan, peristiwa SD ikut upacara bendera di halaman berlumpur terjadi di kawasan Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Sontak unggahan foto yang dibagikan Kang Maman menjadi sorotan netizen hingga dibanjiri beragam komentar. Kebanyakan netizen ikut prihatin atas kondisi siswa SD tersebut.

Bahkan, anggaran peringatan HUT RI di IKN juga diungkit-ungkit dan dikaitkan dengan kondisi sekolah siswa SD itu.

"Klo anggaran mobil di IKN buat ngepaving halaman sekolah siswa ini sepertinya akan lebih bijak," tulis salah satu netizen.

"Epik dan para pemimpin negaranya sedang bermegah2an di ibukota yang (katanya) baru dan maju," celetuk yang lain disertai emoji sedih.

"Biaya hut RI itu "Mahal", celetuk netizen lainnya sembari menyertakan emoji sedih. 

"Seketika air mata ini mengalir," timpal yang lain.

"Foto Mahal, Untuk Kemerdekaan tidak ada yang murah, termasuk sewa Alphard-nya," sindir netizen lainnya lagi. 

Di sisi lain, ada pula yang bangga dengan perjuangan dari siswa-siswa SD yang tetap menghormati Bendera Pusaka walau kondisi sekolahnya memprihatinkan.

"Inilah calon generasi emas 2045 yang sesungguhnya," tulis yang lainnya bangga.

"Sukses selalu kalian adek adek semuanya," takjub netizen lainnya lagi.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #momen #siswa #hormat #bendera #beralas #lumpur #bikin #publik #mewek #mahal #diungkit #termasuk #sewa #alphard

KOMENTAR