Daging Kucing Haram Apa Halal? Heboh Bapak Kos Sembelih 10 Anabul Atas Dasar Diabetes
ilustrasi kucing (freepik) - Daging Kucing Haram Apa Halal? Heboh Bapak Kos Sembelih 10 Anabul Atas Dasar Diabetes
14:24
8 Agustus 2024

Daging Kucing Haram Apa Halal? Heboh Bapak Kos Sembelih 10 Anabul Atas Dasar Diabetes

Warganet dibuat heboh dengan pria pemakan daging kucing yang beralasan tidak bisa beli daging. Ia mengaku sudah memakan daging kucing sebanyak 10 kali. Lantas, bagaimana hukumnya dalam Islam. Daging kucing haram apa halal?

Aksi seorang pria makan daging kucing tersebut viral di sosial media. Orang tersebut merupakan seorang bapak kos. Ia memakan kucing yang dirawat oleh anak-anak kos.

Aksinya kepergok anak kos ketika sedang makan anabul (anak bulu), sebutan dari para pecinta kucing untuk hewan berbulu ini. Ia mengaku memakan daging kucing karena tak punya uang untuk beli daging. Peristiwa tersebut berlokasi di Gunungpati, kota Semarang, Jawa Tengah.

Bapak kos itu juga ngaku kalau dia terkena diabetes. Apabila makan tahu dan tempe, gulanya masih tinggi. Persoalannya adalah ia memakan daging kucing dengan nasi. Nasi adalah karbohidrat yang memiliki kadar gula tinggi, ini menjadi penyebab gula darahnya masih tinggi.

Baca Juga: Frustasi Kena Diabetes, Pria Semarang Nekat Konsumsi Daging Kucing Berujung Diperiksa Polisi

Kasus di atas membuat warga berdiskusi mengenai daging kucing haram apa halal. Pasalnya masyarakat Indonesia yang beragama Islam mengetahui bahwa kucing termasuk binatang yang dimuliakan dalam Islam karena Nabi Muhammad saw, memuliakannya. Umat Islam dianjurkan untuk merawatnya.

Memuliakan kucing bahkan termasuk sunnah. Hal ini dijelaskan oleh Imam Ibnu Hajar al-Haitami, berbunyi sebagai berikut:

وَيُسْتَحَبُّ إكْرَامُهُ وَيَجِبُ عَلَى مَالِكِهِ إطْعَامُهُ إنْ لَمْ يَسْتَغْنِ بِخَشَاشِ الْأَرْضِ

Artinya: “Disunnahkan memuliakan kucing. Bagi pemilik kucing, wajib memberikan makan kepadanya jika kucing tersebut tidak bisa mencari makan sendiri” (Ibnu Hajar al-Haitami, Al-Fatawa al-Fiqhiyyah al-Kubra, [Al-Maktabah al-Islamiyah], juz 4, hlm. 240)

Daging Kucing Haram Apa Halal?

Peristiwa memakan daging kucing tersebut di atas mengingatkan umat Islam pada pendapat para ulama yang menyebutkan bahwa memakan daging kucing dilarang.

Baca Juga: Studi: Usia Harapan Hidup Kucing dan Anjing di Indonesia Tak Sampai 6 Tahun, Kenapa?

Syekh Al-Azhim dalam 'Aunu; Ma'bud' menyebut memakan daging kucing, baik kucing liar maupun yang dipelihara dalam rumah adalah haram hukumnya.

Itu karena kucing termasuk hewan bertaring. Dalam Islam, hewan bertaring yang menggunakan taringnya untuk memangsa hewan lain haram hukumnya untuk dimakan.

Hal senada juga diterangkan oleh Imam Nawawi dalam kitab al-Majmu’ Syarah al-Muhadzab berikut ini.

ولا يحل السنور لِمَا رُوِيَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ (الهرة سبع) ولانه يصطاد بالناب ويأكل الجيف فهو كالاسد

Artinya: Kucing itu tidak halal, karena terdapat sabda Nabi yang menyatakan bahwa kucing itu termasuk hewan memangsa. Kucing memangsa dengan taring dan terkadang memakan bangkai sebagaimana singa.

Larangan memakan kucing tercantum pula dalam surat Al-Baqarah ayat 172. Allah Swt berfirman sebagai berikut;

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُلُوا۟ مِن طَيِّبَٰتِ مَا رَزَقْنَٰكُمْ وَٱشْكُرُوا۟ لِلَّهِ إِن كُنتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

Yā ayyuhallażīna āmanụ kulụ min ṭayyibāti mā razaqnākum wasykurụ lillāhi ing kuntum iyyāhu ta'budụn

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah."

Hal yang sama dijelaskan pula dalam Al Qur'an Surat Al Maidah ayat 3 sebagai berikut:

Al-Qur'an surat Al Maidah ayat 3 yang isinya:

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ ٱلْمَيْتَةُ وَٱلدَّمُ وَلَحْمُ ٱلْخِنزِيرِ وَمَآ أُهِلَّ لِغَيْرِ ٱللَّهِ بِهِۦ وَٱلْمُنْخَنِقَةُ وَٱلْمَوْقُوذَةُ وَٱلْمُتَرَدِّيَةُ وَٱلنَّطِيحَةُ وَمَآ أَكَلَ ٱلسَّبُعُ إِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْ وَمَا ذُبِحَ عَلَى ٱلنُّصُبِ وَأَن تَسْتَقْسِمُوا۟ بِٱلْأَزْلَٰمِ ۚ ذَٰلِكُمْ فِسْقٌ ۗ ٱلْيَوْمَ يَئِسَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ مِن دِينِكُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَٱخْشَوْنِ ۚ ٱلْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِى وَرَضِيتُ لَكُمُ ٱلْإِسْلَٰمَ دِينًا ۚ فَمَنِ ٱضْطُرَّ فِى مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِّإِثْمٍ ۙ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

ḥurrimat 'alaikumul-maitatu wad-damu wa laḥmul-khinzīri wa mā uhilla ligairillāhi bihī wal-munkhaniqatu wal-mauqụżatu wal-mutaraddiyatu wan-naṭīḥatu wa mā akalas-sabu'u illā mā żakkaitum, wa mā żubiḥa 'alan-nuṣubi wa an tastaqsimụ bil-azlām, żālikum fisq, al-yauma ya`isallażīna kafarụ min dīnikum fa lā takhsyauhum wakhsyaụn, al-yauma akmaltu lakum dīnakum wa

atmamtu 'alaikum ni'matī wa radītu lakumul-islāma dīnā, fa maniḍṭurra fī makhmaṣatin gaira mutajānifil li`iṡmin fa innallāha gafụrur raḥīm

Artinya: "Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Berdasarkan ayat dan beberapa hadist di atas telah jelas bahwa memakan daging kucing hukumnya haram dalam padangan Islam. Maka, aksi keji yang dilakukan bapak kos di Semarang termasuk dalam tindakan haram dan diganjar dosa.

Demikian itu penjelasan daging kucing haram apa halal menurut Islam. Ingat, daging kucing itu haram untuk dimakan.

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #daging #kucing #haram #halal #heboh #bapak #sembelih #anabul #atas #dasar #diabetes

KOMENTAR