Cek Fakta: Prabowo Paksa Gibran Mundur jadi Cawapres, Benarkah?
Cek Fakta: Prabowo Paksa Gibran Mundur jadi Cawapres, Benarkah? (Turnbackhoax)
15:00
5 Agustus 2024

Cek Fakta: Prabowo Paksa Gibran Mundur jadi Cawapres, Benarkah?

Pada 28 Juli 2024, sebuah video dari kanal YouTube bernama "Kabar Akurat" menyebarkan informasi menyesatkan yang mengklaim bahwa Gibran Rakabuming Raka dipaksa mundur oleh Prabowo Subianto dari pencalonannya sebagai calon wakil presiden (cawapres) dalam Pemilu 2024.

Berikut adalah narasi yang ada pada unggahan tersebut:

"PRABOWO USIR GIBRAN!? BEGINI KRONOLOGINYA – PILPRES 2024 – PEMILU 2024

BERITA TERBARU
ANGKAT KAKI DARI KOALISI
GIBRAN DI PAKSA MUNDUR OLEH PRABOWO JADI CAWAPRES,"

Baca Juga: Sri Mulyani Lapor Jokowi dan Prabowo: Anggaran Makan Bergizi Gratis Siap Tahun Depan!

Namun, setelah dilakukan pemeriksaan mendalam terhadap isi video tersebut, tidak ditemukan bukti atau informasi yang mendukung klaim bahwa Prabowo memaksa Gibran mundur sebagai Cawapres.

Video tersebut hanya berisi cuplikan beberapa video yang tidak terkait dan narasi yang diambil dari artikel di wartaekonomi.co.id berjudul "Rocky Gerung Nilai Prabowo Akan Serahkan IKN ke Gibran".

Artikel tersebut sebenarnya membahas opini pengamat politik Rocky Gerung yang berpendapat bahwa Prabowo Subianto akan menyerahkan proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) kepada Gibran sebagai Wakil Presiden terpilih, tanpa ada kaitan dengan isu Gibran dipaksa mundur.

Thumbnail pada video tersebut juga merupakan hasil manipulasi, menggabungkan beberapa gambar yang tidak berkaitan untuk memperkuat narasi yang menyesatkan. Dengan demikian, jelas bahwa klaim tentang Gibran dipaksa mundur oleh Prabowo adalah hoaks yang sengaja dibuat untuk menyesatkan publik.

Kesimpulan:

Konten yang disajikan dalam video ini termasuk ke dalam kategori konten yang dimanipulasi. Masyarakat diharapkan lebih berhati-hati dan melakukan verifikasi terhadap informasi yang diterima, terutama yang bersumber dari media sosial atau kanal-kanal yang kurang terpercaya. Tetap kritis dan selalu mencari kebenaran dari sumber informasi yang kredibel.

Baca Juga: Gibran Tak Masalah Nasi Jagung Jadi Menu Makan Bergizi Gratis: Yang Penting Cakupan Gizi Terpenuhi

Editor: Bella

Tag:  #fakta #prabowo #paksa #gibran #mundur #jadi #cawapres #benarkah

KOMENTAR