CEK FAKTA: Anies Baswedan Jual Kaos untuk Bantu Palestina
Gubernur DKI Jakarta Periode 2017-2022, Anies Baswedan (tengah) memberikan sambutan saat berkunjung ke kantor DPW PKB Jakarta, Kamis (13/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
10:40
20 Juli 2024

CEK FAKTA: Anies Baswedan Jual Kaos untuk Bantu Palestina

Sebuah akun Facebook dengan nama “Aksi Bela” mengunggah video yang menampilkan Anies Baswedan sedang melakukan promosi penjualan kaos untuk didonasikan ke Palestina.

Video tersebut memunculkan kecurigaan karena ada dugaan bahwa suaranya merupakan hasil rekaman suara menggunakan teknologi voice cloning.

"SAYA BANTU PALESTINA. 1 KAOS = 1 DUKUNGAN UNTUK PALESTINA," narasi dalam video tersebut.

Dengan mengutip kalimat, Abu Hurairah narasi dalam video tersebut seolah mengajak untuk bersedekah.

Baca Juga: Guyon Walau Bersaing Ketat di Survei, Ahok soal Kans Lawan Anies di Pilgub Jakarta: Tanya PDIP

"Allah bersabda Barangsiapa yang meringankan kesulitan besar seorang muslim di dunia, maka Allah akan meringankan kesulitan besarnya pada hari kiamat. (HR. Abu Hurairah)," katanya.

"Zyonis datang menghancurkan Bumi Palestina dan tidak tinggal diam Rumah-rumah dan bangunan hancur berkeping-keping, bahkan anak-anak kecil pun menjadi korban kekejaman rezim zionis… Oleh karena itu, kami mengajak Anda untuk turut serta dalam penggalangan dana bantuan," lanjutnya.

Setelah melakukan penelusuran mendalam terhadap keaslian suara dalam video tersebut ternyata sebesar 98% bahwa suara dalam konten tersebut merupakan suara AI yang kemungkinan besar diproduksi menggunakan fitur voice cloning yang dimiliki oleh elevenlabs.

Elevenlabs adalah platform digital yang terkenal dengan fitur-fitur audio AI, termasuk kemampuan voice cloning yang dapat menirukan suara seseorang dalam berbagai bahasa internasional.

Sebelumnya, platform ini telah terlibat dalam kasus penyebaran hoaks menggunakan voice cloning, seperti audio Surya Paloh memarahi Anies Baswedan yang viral sebelum Pemilu Presiden 2024.

Baca Juga: Tepis PKB, Elite PDIP Sesumbar: Ahok Sulit Ditandingi Anies di Pilgub Jakarta

Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa video yang menampilkan Anies Baswedan dalam konteks penjualan kaos untuk Palestina dengan kemungkinan besar menggunakan teknologi voice cloning.

Oleh karena itu, klaim dalam video tersebut perlu ditinjau kembali kebenarannya terkait keaslian dan maksud dari konten yang diunggah.

Editor: Bella

Tag:  #fakta #anies #baswedan #jual #kaos #untuk #bantu #palestina

KOMENTAR