Survei IDN soal Pilgub Jateng: Elektabilitas Sudaryono Tempel Ahmad Luthfi, Sama-sama Punya Peluang Jadi Gubernur
Bakal calon gubernur (bacagub) Jateng dari Partai Gerindra, Sudaryono saat blusukan di Kota Solo, Kamis (16/5/2024). [Suara.com/Ari Welianto]
17:24
15 Juli 2024

Survei IDN soal Pilgub Jateng: Elektabilitas Sudaryono Tempel Ahmad Luthfi, Sama-sama Punya Peluang Jadi Gubernur

Lembaga riset Indeks Data Nasional (IDN) merilis hasil survei terbarunya soal dinamika jelang Pemilihan Gubernur Jawa Tegah (Pilgub Jateng) 2024. Hasilnya nama Kapolda Jateng Ahmad Luthfi bersaing ketat dengan Ketua DPD Partai Gerindra Sudaryono.

Direktur Eksekutif IDN Syifak Muhammad Yus mengatakan dalam simulasi terbuka atau Top Of Mind dengan pertanyaan siapa figur yang dipilih kalau Pilgub Jateng digelar hari ini, hasilnya Ahmad Luthfi teratas ditempel ketat Sudaryono.

"13,5 persen menjawab Ahmad Luthfi, kemudian 9,6 persen Sudaryono, 4,6 persen Taj Yasin Maimoen, Dico Ganindito 3,7 persen," kata Syifak dalam paparannya di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (15/7/2024).

Sementara itu, dalam simulasi survei juga masih terdapat nama Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Di Balik Rivalitas dalam Survei, Ada Peluang Kaesang Berduet dengan Ahmad Luthfi di Pilgub Jateng

"Bahkan ada masyarakat Jateng yang menjawab Ganjar Pranowo itu di angka 3,5 persen," katanya.

Kendati nama Ahmad Luthfi bertengger di urutan teratas, Syifak menyampaikan dinamika apapun masih bisa terjadi. Segala peluang masih bisa terbuka sebelum parpol yang tergabung dalam koalisi mendaftar ke KPU.

"Nah ini juga menjadi perhatian bahwa angka keterpilihan secara top of minf juga masih rendah artinya peluang apapun bisa terjadi pada pilkada ke depan," katanya.

Kapolda Jateng Irjen Po.Ahmad Luthfi saat peringatan HUT Ke-78 Bhayangkara di Semarang, Senin. (ANTARA/I.C. Senjaya)Kapolda Jateng Irjen Po.Ahmad Luthfi saat peringatan HUT Ke-78 Bhayangkara di Semarang, Senin. (ANTARA/I.C. Senjaya)

Di sisi lain, kata dia, yang menarik nama Sudaryono baru delapan bulan menjabat sebagai Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah dibandingkan Ahmad Luthfi yang telah berdinas cukup lama di wilayah Jawa Tengah, serta para kandidat lainnya masih bisa bersaing.

"Jika diperhatikan ini sangat menarik, Sudaryono yang baru delapan bulan menjabat Ketua Gerindra Jateng bisa menempel ketat Ahmad Luthfi yang sudah berdinas lama di wilayah Jateng serta berada diatas kandidat lainnya seperti Taj Yasin dan Dico," pungkasnya.

Baca Juga: PSI Cuma Dua Kursi, Kaesang Diprediksi Bakal Disokong Koalisi KIM Maju Pilgub Jateng

Adapun survei IDN terkait Pilgub Jateng 2024 ini digelar pada periode 30 Juni hingga 7 Juli 2024 melibatkan 1200 responden dengan margin of error ± 2.8% pada tingkat kepercayaan 95% dan melalui metode dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling).

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #survei #soal #pilgub #jateng #elektabilitas #sudaryono #tempel #ahmad #luthfi #sama #sama #punya #peluang #jadi #gubernur

KOMENTAR