Mama Ghufron Orang Mana? Sosok Mengaku Bisa Bahasa Semut Ini Punya Ponpes Besar di Jawa Timur
Abuya Mama Ghufron. [tangkapan layar YouTube]
15:52
12 Juli 2024

Mama Ghufron Orang Mana? Sosok Mengaku Bisa Bahasa Semut Ini Punya Ponpes Besar di Jawa Timur

Nama Mama Ghufron menjadi perbincangan beberapa hari terakhir. Isi ceramahnya yang dinilai kontroversial memantik pro dan kontra.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) ikut mengomentari fenomena Mama Ghufron yang mengaku bisa bahasa semut, cacing jin, hingga video call malaikat.

"Ada statement yang menyatakan video call dengan malaikat maut. Gimana caranya? Di sini sudah tidak berdasar sama sekali apa yang diucapkan," kata KH Cholil Nafis, Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, dalam sebuah pernyataan yang diunggah di akun Instagram resmi MUI Pusat.

Siapakah sosok Mama Ghufron dan berasal dari mana?

Baca Juga: 3 Skandal Alexandre Pato dengan Wanita, Persib Bandung Yakin Berminat?

Nama asli Mama Ghufron ialah Iyus Sugriman. Dia lahir di Bandung, Jawa Barat pada 25 Desember 1963.

Kemudian mengubah namanya menjadi KH Muhammad Abdul Ghufron Al Bantani As Syafi'i. Nama Muhammad Abdul Ghufron didapatkan dari gurunya KH Hasan Amin atau yang lebih dikenal dengan Abuya Armin.

Sedangkan nama Al Bantani disematkan sebagai klaimnya keturunan Syekh Nawawi Al Bantani. Sementara Asy Syafi'i, karena dia pengikut Imam Syafi'i.

Namun belakangan klaim keturunan Syekh Nawawi Al Bantani dibantah KH Majazi Banten sebagai cicit dari Syekh Nawawi Al Bantani.

Mama Ghufron fiketahui memiliki Pondok Pesantren (Ponpes) UNIQ Nusantara yang berada di Desa Pamotan, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Baca Juga: Persib Bandung Buka Suara Soal Isu Rekrut Eks AC Milan Alexandre Pato

Ponpes UNIQ Nusantara ini juga memiliki cabang di Bandung dan Jakarta. 

Wahyu, teman kecil Mama Ghufron mengaku heran kawannya sekarang menjadi seorang kiai. "Ga tahu Abuya berguru dengan Abuya Armin. Makanya saya heran jadi kiainya dari mana," ujar Wahyu dikutip dari Youtube Alkisah Hikmah.

Editor: Baehaqi Almutoif

Tag:  #mama #ghufron #orang #mana #sosok #mengaku #bisa #bahasa #semut #punya #ponpes #besar #jawa #timur

KOMENTAR