CEK FAKTA: Beredar Video Makam Nabi Adam Sepanjang 30 Meter, Benarkah?
Potret Makam Nabi Umron (Imran). (Tangkapan layar/ YouTube Bang Ahong 95)
14:16
11 Juli 2024

CEK FAKTA: Beredar Video Makam Nabi Adam Sepanjang 30 Meter, Benarkah?

Akun Twitter/X dengan nama “@SammiSoh” mengunggah video yang menyatakan bahwa makam Nabi Adam memiliki panjang 30 meter. Dalam unggahannya, akun twitter tersebut menuliskan narasi sebagai berikut:

"Makam Nabi Adam Panjang 60 hasta (27,43 m) dengan lebar tubuh seperti manusia biasa. Bisa dibayangkan tidak waktu ia masih hidup? Dengan tinggi hampir 30 meter tapi perawakan tubuh lebar seperti manusia biasa maka ia akan kelihatan seperti pohon bambu yang menjulang ke langit,"

Namun, setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, ditemukan bahwa video tersebut identik dengan video yang ada di YouTube dengan judul "MAKAM NABI IMRAN" yang diunggah oleh pengguna bernama Bang Ahong 95.

Faktanya, makam yang dimaksud dalam video tersebut adalah makam Umron (Imran), yang berada di kota Salalah, Oman.

Baca Juga: CEK FAKTA: Gibran Gelar Festival Makanan Non Halal di Solo, Benarkah?

Makam ini memiliki panjang sekitar 12 meter dan merupakan situs religius terkenal, bukan makam Nabi Adam seperti yang diklaim.

Imran adalah sosok yang dihormati dalam Islam, dikenal sebagai ayah dari Mariyam, ibu Nabi Isa AS. Makamnya sering menjadi tujuan ziarah karena ukurannya yang tidak biasa, jauh lebih panjang dibandingkan makam lainnya.

Dengan demikian, klaim tentang makam Nabi Adam sepanjang 30 meter adalah salah dan termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

Editor: Bella

Tag:  #fakta #beredar #video #makam #nabi #adam #sepanjang #meter #benarkah

KOMENTAR