Jadi Lomba Balap Gokart Listrik Konversi di Indonesia, Ini Keunggulan EKR Piala PUPR 2024
Kick off Electric Karting Race 2024 di Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Kota Bandung, Kamis (27/6/2024). [Suara.com/Rahman]
18:56
27 Juni 2024

Jadi Lomba Balap Gokart Listrik Konversi di Indonesia, Ini Keunggulan EKR Piala PUPR 2024

Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali gelar lomba balap gokart listrik konversi atau Electric Karting Race (EKR) 2024.

Ini jadi event kedua setelah sukses diselenggarakan pada 2023. Menurut Direktur Bina Teknik Jalan dan Jembatan, Yudha Handita Pandjiriawan menyatakan, kegiatan EKR ini merupakan kontribusi nyata terhadap penggunaan kendaraan listrik.

Ditambahkan Yudha, EKR Piala PUPR 2024 juga menjadi ajang mempopulerkan olahraga karting elektrik dibawah cabang olahraga mobil Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Ketua Penyelenggara Electric Karting Race 2024, Yudi Herdiana (tengah), saat kick off Electric Karting Race 2024 di Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Kota Bandung, Kamis (27/6/2024). [Suara.com/Rahman]Ketua Penyelenggara Electric Karting Race 2024, Yudi Herdiana (tengah), saat kick off Electric Karting Race 2024 di Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Kota Bandung, Kamis (27/6/2024). [Suara.com/Rahman]

"EKR ini merupakan lomba balap gokart listrik konversi satu-satunya di Indonesia yang diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI), dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)," kata Yudha Dalam kata sambutannya pada Kick Off Electric Karting Race 2024 di Bandung, Jawa Barat, Kamis (27/06/2024).

Baca Juga: Upacara HUT ke-79 RI Sebentar Lagi, Kementerian PUPR Rampungkan Kantor Presiden di IKN

Berbeda dengan sebelumnya, EKR tahun 2024 akan dilaksanakan dalam dua putaran.

Untuk putaran pertama akan diselenggarakan selama dua hari pada 3 sampai 4 Agustus 2024 di Sirkuit Electric Vehicle (EV) Kementerian PUPR yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat.

Sementara putaran kedua akan dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada 30 November sampai 1 Desember 2024.

Sirkuit Electric Vehicle (EV) PUPR, Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Kota Bandung. [Suara.com/Rahman]Sirkuit Electric Vehicle (EV) PUPR, Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Kota Bandung. [Suara.com/Rahman]

Yudha menjelaskan Sirkuit EV Kementerian PUPR memiliki track sepanjang 1.350 meter, lebar lintasan antara 8 hingga 14 meter, dan memiliki 14 tikungan.

Sirkuit EV menggunakan sembilan teknologi jalan hasil inovasi yaitu aspal karet, aspal plastik, aspal PG-70, asbuton murni, asbuton pracampur 30, aspal porous, beton porous, timbunan FABA, dan timbunan ringan.

Baca Juga: Fasilitas Air Tersedia Juli, Begini Progres Pembangunan Istana dan Kantor Presiden di IKN

"Penyelanggaraan Karting Race pertama di Indonesia pada 2023 lalu ini disambut baik oleh masyarakat dari IMI dan kejutan juga disambut oleh teman-teman di otorita IKN. Sehingga teman-teman di otorita IKN ingin menyelenggarakan Karting Race di IKN," jelas Yudha.

Kontributor : Rahman

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #jadi #lomba #balap #gokart #listrik #konversi #indonesia #keunggulan #piala #pupr #2024

KOMENTAR