Berkhianat ke OPM, Desertir TNI Tewas Ditembak di Papua
Danis Murib, desertir TNI yang berkhianat menjadi anggota OPM ditembak mati di Papua. [Instagram Puspen TNI]
09:32
18 Juni 2024

Berkhianat ke OPM, Desertir TNI Tewas Ditembak di Papua

Desertir anggota TNI yang berkhianat dengan bergabung ke Organisasi Papua Merdeka (OPM) ditembak mati personel gabungan, Senin (17/6/2024).

Desertir anggota TNI yang ditembak mati bernama Danis Murib. Tim Gabungan menembak Danis di Distrik Bibida, Kabupaten Paniai, Papua Tengah.

Dalam keterangan resmi TNI yang dikutip dari akun Instagram @puspentni, disebutkan bahwa Danis Murib seorang desertir TNI yang terakhir berpangkat Prajurit Dua (Prada).

Dia adalah anggota Satgas Yonif 527/Baladibya Yudha Kodam V/Brawijaya, yang tengah melaksanakan tugas operasi militer di Papua.

Baca Juga: Disebut Sering Lakukan Aksi Kriminal, Aparat Tembak Mati Terduga Anggota KKB Pimpinan Undius Kagoya

Danis Murib telah melaksanakan kelana yudha dengan meninggalkan Pos Moanemani Baru di wilayah Distrik Kamu, Kabupaten Dogiyai, Provinsi Papua Tengah, pada tanggal 14 April 2024 pukul 10.20 WIT yang lalu.

Danis Murib ditembak pasukan TNI yang tengah memburu pelaku penembakan dan pembakaran warga yakni Kelompok OPM pimpinan Undius Kogoya.

Panglima Komando Gabungan Wilayah (Kogabwilhan) III, Letjen TNI Richard Tampubolon, memerintahkan Panglima Komando Operasi TNI (KOOPS TNI) HABEMA beserta Komandan Komando Pelaksanaan Operasi (Dankolakops) dan Komandan Pasukan Nanggala Kopassus, untuk melanjutkan Operasi Pengejaran.

"Alhasil, operasi tersebut membuahkan hasil dan Prajurit TNI berhasil menembak 2 orang OPM, salah satunya terkonfirmasi beridentitas Danis Murib, pasca kontak tembak," tulis keterangan Puspen TNI.

Baca Juga: Bakal Diatur Kemenlu, Masyarakat Sipil Berpeluang ke Gaza Bantu Warga Palestina

Editor: Wakos Reza Gautama

Tag:  #berkhianat #desertir #tewas #ditembak #papua

KOMENTAR