Hj. Iriana
Ibu Negara RI, Iriana Jokowi.
22:24
11 Juni 2024

Hj. Iriana

Hj. Iriana, adalah sosok ibu negara yang digandrungi oleh masyarakat Indonesia saat ini. Prilakunya yang santun kerap dipuji sebagai ibu negara terbaik.

Profil

Iriana lahir pada 1 Oktober 1963, telah menjadi ibu negara Indonesia sejak 20 Oktober 2014. Nama Iriana diberikan oleh kakeknya yang baru pulang dari Irian Jaya, tempat dia bekerja sebagai guru. Iriana bertemu dengan Joko Widodo saat berkunjung ke rumah Lit Sriyanti, adik Joko Widodo.

Pernikahan Iriana dan Joko Widodo berlangsung di Solo pada 24 Desember 1986. Mereka dikaruniai tiga anak: Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep.

Baca Juga: Liburan ke Candi Borobudur Bareng Jokowi, Sikap Iriana Jokowi Malah Bikin Salfok Gegara Lakukan Hal Ini

Pendidikan

Iriana menyelesaikan pendidikan menengah atas di SMA Negeri 3 Surakarta pada 1983. Dia melanjutkan studi di Universitas Muhammadiyah Surakarta selama enam semester sebelum berhenti tanpa gelar untuk menikah dengan Joko Widodo.

Karier

Mengikuti karier politik suaminya, Iriana memegang peran sebagai ketua tim penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Surakarta dari 2005 hingga 2012.

Setelah itu, ia melanjutkan jabatan yang sama di Jakarta dari 2012 hingga 2014, ketika Joko Widodo mengundurkan diri sebagai gubernur Jakarta. Posisi Iriana kemudian diisi oleh Veronica Tan.

Baca Juga: Jokowi dan Iriana Bertolak ke Sumbar, Tinjau Wilayah Terdampak Banjir Bandang

Editor: Muhammad Ilham Baktora

Tag:  #iriana

KOMENTAR