Luhut Jemput Elon Musk di Bandara Ngurah Rai sebelum Luncurkan Starlink bersama Jokowi
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat menjemput CEO SpaceX sekaligus Tesla Inc, Elon Musk di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, pada hari ini (19/5) (Kemenkomarves)
10:56
19 Mei 2024

Luhut Jemput Elon Musk di Bandara Ngurah Rai sebelum Luncurkan Starlink bersama Jokowi

      - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjemput CEO SpaceX sekaligus Tesla Inc, Elon Musk di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, hari ini, Minggu (19/5).  

  Luhut menyebut, akhirnya RI kedatangan Elon Musk untuk memenuhi undangan pada perhelatan World Water Forum ke-10. Setelah 2022 lalu absen di gelaran KTT G20.   Melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, Luhut mengatakan kedatangan Elon Musk ke Bali, salah satunya untuk meresmikan layanan Starlink bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sebuah Puskemas di Bali.   “Saya berkesempatan menjemput Elon di Bandara pagi ini, kemudian membicarakan beberapa agenda beliau selama disini dan tentunya beberapa kerjasama penting,” kata Luhut.   “Salah satunya ialah peresmian layanan internet Starlink yang mampu menjangkau hingga pelosok Indonesia. Peresmian peluncuran Starlink akan dilakukan Elon bersama Presiden @jokowi hari ini dari salah satu puskesmas di wilayah Denpasar, Bali,” imbuhnya.   Rencananya, Elon Musk akan meresmikan Starlink pada Minggu sore ini sekitar pukul 16:30 WITA atau pukul 15:30 WIB. Peresmian akan dipusatkan di Kantor Puskesmas Pembantu Sumerta Kelod, Jalan Muh Yamin VIII, Kota Denpasar Bali.   Lebih lanjut, Luhut menyampaikan melalui ketersediaan akses internet yang merata di seluruh provinsi, maka digitalisasi dalam pemerataan layanan kesehatan dan pendidikan di Indonesia bisa terus meningkat.   “Dan yang paling penting, masyarakat yang tinggal di daerah terpencil bisa menikmati akses informasi dan jaringan internet cepat sama seperti halnya mereka yang tinggal di wilayah perkotaan,” pungkasnya.   Sebagai informasi, internet Starlink adalah layanan internet satelit yg dikembangkan oleh SpaceX yang merupakan perusahaan teknologi milik Elon Musk.   Starlink ini menggunakan konstelasi satelit rendah bumi (LEO) untuk menyediakan akses internet berkecepatan tinggi ke berbagai daerah di seluruh dunia, terutama di daerah-daerah terpencil.   Hadirnya internet ini khususnya untuk membantu masyarakat Indonesia yang kurang mendapatkan akses layanan internet.   Nantinya, pengguna Starlink hanya memerlukan perangkat penerima kecil yang dikenal sebagai “dish” untuk dapat terhubung ke jaringan satelit, dengan begitu masyarakat Indonesia dapat menikmati koneksi internet yang cepat dan andal. (*)  

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #luhut #jemput #elon #musk #bandara #ngurah #sebelum #luncurkan #starlink #bersama #jokowi

KOMENTAR