Duduk Berjam-jam saat Diperiksa Kejagung, Bagaimana Kondisi Ambeien Sandra Dewi?
Momen artis Sandra Dewi saat diperiksa penyidik Jampidsus Kejagung, Rabu (15/5/2024). (Dok. Kejagung RI)
20:08
15 Mei 2024

Duduk Berjam-jam saat Diperiksa Kejagung, Bagaimana Kondisi Ambeien Sandra Dewi?

Istri Harvey Moeis, Sandra Dewi pada hari ini, Rabu (15/5) diperiksa oleh penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) di kasus korupsi timah yang menyeret sang suami sebagai tersangka.

Ini pemeriksaan kedua bagi ibu dua orang anak itu. Pada pemeriksaan hari ini, Sandra Dewi diperiksa selama 10 jam oleh pihak penyidik. Sekitar pukul 18:30 WIB, artis kelahiran Pangkal Pinang itu.

Tentu bukan perkara mudah bagi Sandra Dewi menjalani pemeriksaan pada hari ini. Pasalnya sebagai penderita wasir atau ambeien, duduk berjam-jam tentu tak mengenakkan.

Seperti diketahui, Sandra Dewi pada April lalu menjalani operasi ambeien stadium 4 di Rumah Sakit Medistra.

"Saya dinobatkan sebagai penghuni RS dengan nafsu makan terbaik sama suster- suster di sini dan dinasihati dokter keluarga saya kalau makan nggak boleh banyak sekaligus karena dia tahu saya kalau makan nggak normal porsinya. Sedih banget rasanya," kata Sandra Dewi pada postingan di Instagram yang kini sudah dihapus.

Artis Sandra Dewi usai diperiksa atas kasus korupsi Harvey Moeis di Kejaksaan Agung RI, Jakarta, Rabu (15/5/2024). [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]Artis Sandra Dewi usai diperiksa atas kasus korupsi Harvey Moeis di Kejaksaan Agung RI, Jakarta, Rabu (15/5/2024). [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]

"Ternyata operasi yang paling sakit katanya operasi ambeien. Karena semua saraf berkumpul disana," tambah Sandra.

Sayangnya Sandra Dewi usai pemeriksaan hari ini memilih bungkam saat ditanya oleh awak media. Selama tujuh menit wartawan mencoba menghadang dan meminta keterangan, tetapi ibu dua anak tersebut tetap bungkam.

Dengan pengawalan ketat, aparat Kejagung mencoba membuka blokade wartawan yang mengambil gambar agar Sandra Dewi dapat masuk mobil berpelat nomor polisi B 2507 PZR yang membawanya pergi meninggalkan gedung Kejaksaan Agung.

Pemeriksaan ini merupakan yang kedua kalinya dijalani Sandra Dewi dengan status sebagai saksi dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi tata niaga timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015 hingga 2022.

Duduk Berjam-jam bagi Penderita Ambeien

Dikutip dari sejumlah literasi kesehatan, penderita wasir sebaiknya menghindari duduk yang terlalu lama, karena aktivitas ini menyebabkan peningkatan tekanan pada pembuluh darah anus sehingga dapat memperparah gejala wasir.

Selain menjalankan pola hidup dan makan sehat, penderita wasit disarankan untuk mengikuti tips berikut ini:

  • Banyak konsumsi air putih 10-12 gelas sehari untuk mencegah konstipasi
  • Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi (sayur, buah, oat, kacang-kacangan dan sebagainya)
  • Tidak menunda untuk BAB
  • Hindari mengejan berlebihan
  • BAB secara teratur
  • Hindari mengangkat beban berat
  • Menurunkan berat badan yang berlebihan
  • Berolahraga secara rutin

Wasir merupakan pembengkakan atau pembesaran pada pembuluh darah di anus dan bagian akhir usus besar (rektum). Kondisi ini dapat menyebabkan rasa mengganjal atau nyeri di area dubur dan keluar darah saat buang air besar.

Wasir terbagi menjadi dua jenis, yaitu wasir dalam (internal hemorrhoid) dan wasir luar (external hemorrhoid). Pada wasir dalam, pembuluh darah yang bengkak tidak terlihat dari luar anus. Sebaliknya, pada wasir luar, pembuluh darah yang bengkak bisa terlihat dari luar anus dan rasanya juga lebih nyeri.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #duduk #berjam #saat #diperiksa #kejagung #bagaimana #kondisi #ambeien #sandra #dewi

KOMENTAR