Tarian Rangkuk Alu Jadi Google Doodle 29 April 2024, Intip Makna dan Juga Artinya!
Tarian Rangkuk Alu Jadi Google Doodle 29 April 2024. /Tangkap layar google
17:08
29 April 2024

Tarian Rangkuk Alu Jadi Google Doodle 29 April 2024, Intip Makna dan Juga Artinya!

 


 - Ada yang menarik dari Google Doodle hari ini atau Senin (29/4). Pasalnya, perusahaan mesin pencari online menampilkan Tarian Rangkuk Alu.

Menariknya, ilustrasi Tari Rangkuk Alu yang ditampilkan pada Google Doodle ini berupa animasi.

Sebagai informasi, tari Rangkuk Alu merupakan salah satu kebudayaan Indonesia yang berasal dari Kabupaten Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dikutip dari portal.manggaraibaratkab.go.id atau laman Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, awalnya Tari Rangkuk Alu merupakan sebuah permainan tradisional masyarakat Manggarai, Flores. 

Sebagai informasi, pada permainan ini, bambu akan disusun dan dimainkan dengan cara diayunkan seperti menjepit oleh beberapa orang (pemain). Salah satu atau dua dari pemain akan melompat-lompat menghindari jepitan dari bambu ini.

Saat melompat-lompat menghindari jepitan, para pemain seakan melakukan gerakan tari. Atas dasar inilah awal terbentuknya gerakan dasar Tari Rangkuk Alu.

Gerakan para penari dan pemain bambu ini kemudian dipadukan dengan irama musik dan lagu daerah. Sehingga, akan menghasilkan seni yang khas, yakni Tari Rangkuk Alu.

Lantas, apakah ada momen tertentu untuk melakukan Tarian Rangkuk Alu ini?.

Dahulu tarian ini sering ditampilkan pada saat usai panen raya dan ketika bulan purnama. Sebab, saat momen ini para para remaja berkumpul dan turut meramaikan acara ini.

Melalui Google Doodle pada 29 April 2024, masyarakat Indonesia diajak untuk mengenal dan menghargai kekayaan budaya Indonesia yang beraneka ragam.

Apalagi, 29 April setiap tahunnya dikenal dengan perayaan Hari Tari Sedunia. Namun, Google memilih Tari Rangkuk Alu untuk merayakannya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat. ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tarian #rangkuk #jadi #google #doodle #april #2024 #intip #makna #juga #artinya

KOMENTAR