Senyum Sumringah Airin Rachmi Diany Main Bendrong Lesung Bareng Warga Pandeglang
Airin Rachmi Diany bermain Bendrong Lesung bersama Warga Pandeglang, Banten. [IST/Bantennews]
12:32
21 April 2024

Senyum Sumringah Airin Rachmi Diany Main Bendrong Lesung Bareng Warga Pandeglang

Bakal calon Gubernur Banten dari Partai Golkar, Airin Rachmi Diany tampak tersenyum sumringah saat mengunjungi warga Kabupaten Pandeglang, Banten beberapa waktu lalu.

Kedatangan Airin Rachmi Diany saat itu disambut dengan para ibu-ibu yang kompak memukulkan alu ke lisung secara bersautan atau yang kerap disebut kesenian tari Bendrong Lesung.

Melihat sambutan hangat dan ramah warga Pandeglang itu, Airin Rachmi Diany seketika menghampiri para Ibu yang memainkan alat musik tradisional Bendrong Lesung tersebut sambil bercengkerama.

"Terima kasih, terima kasih Ibu," ucap Airin kepada para Ibu kemudian dilanjutkan dirinya yang juga ikut memainkan Bendrong Lesung sambil menebar senyum sumringah kepada warga sekitar.

Di tengah tatap muka dengan masyarakat, Airin mengaku teringat saat orang tuanya pernah memainkan Bendrong Lesung di kampung halamannya di Banjar.

"Tadi saya lihat yang main Bendrong lesung, saya juga orang kampung, aslinya mah orang Banjar, Ciamis. Biasanya bapak saya suka nyanyikan lagu sambil ketok-ketok, ada lagu sambil lulungan," ungkap Airin.

Seperti diketahui, Bendrong Lesung merupakan salah satu tradisi khas masyarakat pertanian di Provinsi Banten. Dalam pementasannya menggunakan sebuah Lesung. Lesung adalah alat penumbuk padi tradisional dan sering digunakan di desa-desa.

Awalnya, kesenian ini menjadi sebuah Tradisi dari masyarakat sekitar yang dimana pertunjukkannya di lakukan saat musim panen tiba.

Adapun tujuan dari diadakannya Kesenian ini adalah untuk merayakan kegembiraan masyarakat atas keberhasilan panen selama musim panen berlangsung.

Sementara itu, salah seorang Ibu warga Pandeglang yang turut memainkan Bendrong Lesung, Jubedah (45) mengatakan, Bendrong Lesung tidak hanya di mainkan ketika menyambut panen raya saja. Namun juga di pentaskan untuk acara- acara lain, seperti pada saat menyambut tamu.

"Khusus menyambut Ibu Airin, ini juga kegembiraan warga dalam menyambut Ibu Airin. Alhamdulillah Ibu Airin juga senang lihatnya, apalagi kami warga sangat senang kedatangannya, Insya Allah Gubernur Banten kita," pungkasnya.

Editor: Hairul Alwan

Tag:  #senyum #sumringah #airin #rachmi #diany #main #bendrong #lesung #bareng #warga #pandeglang

KOMENTAR