Tragis! Kebakaran Gedung Karaoke di Tegal Tewaskan Enam LC, Begini Kronologinya
DRAMATIS: Proses evakuasi korban kebakaran New Orange Karaoke di Kota Tegal hari ini, Sanin (15/1). (ISTIMEWA)
06:48
16 Januari 2024

Tragis! Kebakaran Gedung Karaoke di Tegal Tewaskan Enam LC, Begini Kronologinya

Sebuah gedung karaoke bernama New Orange Karaoke yang berada di Jl. Veteran, Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah, mengalami kebakaran hebat pada Senin (15/1) kemarin.

Akibatnya, sebanyak enam orang pemandu lagu atau lady companion (LC) dilaporkan tewas dalam kejadian tersebut, dan 9 orang lainnya luka-luka.

Dilansir dari Radar Kudus (Jawa Pos Group), Senin (17/1), keenam jasad LC itu saat ini sudah berada di kamar jenazah RSUD Kardinah, Kota Tegal. Sementara korban luka, kini juga tengah dalam perawatan.

Kabid Dampar Satpol PP Kota Tegal, Teguh Supriyanto, mengungkapkan bahwa sejatinya kebakaran tersebut tidak terlalu besar, namun, asap pekat yang ditimbulkan cukup mengkhawatirkan.

Sehingga dengan itu, penanganan tak cukup hanya satu mobil damkar saja. Pihaknya menerjunkan sejumlah mobil damkar, hingga kebakaran berhasil padam sekitar pukul 12.00 WIB.

“Memang apinya tidak besar, hanya saja akibat api itu menimbulkan asap tebal dan pekat. Saat masuk ke dalam tidak ada kobaran api, cuma ketemunya asap pekat," kata Teguh.

Teguh menjelaskan, asap pekat itu timbul dari dinding-dinding peredam suara dari glass wool yang terpasang di gedung tersebut.

Seperti diketahui, peredam suara itu terbuat dari bahan yang mudah terbakar, dan hampir melapisi seluruh lantai 2 gedung tersebut. Tak ayal, sejumlah orang terjebak dan mengalami sesak napas, hingga nahasnya meninggal dunia.

“Meninggal dunia ada enam orang. Sesak nafas atau tewas karena kelebihan CO2. Jadi sejak dibawa ambulans sampai rumah sakit sudah meninggal dunia,” kata Kepala Dinas Kesehatan, Zaenal Abidin.

Kronologi Kebakaran Gedung Karaoke di Tegal yang Menewaskan 6 LC

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, mengungkapkan bahwa pihaknya masih menyelediki penyebab pasti kebakaran yang menewaskan 6 LC tersebut.

Namun begitu, dalam pemeriksaan sementara, pihaknya sudah mengantongi awal mula terjadinya kebakaran tersebut.

Pada Senin (15/1) sekitar pukul 08.00 WIB, seorang saksi bernama Purwati (50), diketahui sedang memasak di dapur gedung yang berada di lantai 1. Saat itu, tiba-tiba ia mencium aroma sesuatu yang terbakar.

Saat dicek, ia mendapati ada kepulan asap dari lantai 2 dan 3. Purwati pun bergerak cepat mengetuk semua pintu yang ada di lantai 2.

Namun sayang, asap tebal yang cepat menyebar membuatnya tak kuat bernapas. Purwati pun memutuskan menyelamatkan diri dan mencari bantuan kepada security yang berada di bawah.

Bersamaaan dengan situasi genting itu, seorang saksi mengaku melihat ada karyawan yang sudah membawa APAR. Saksi tersebut juga sempat mengetuk pintu-pintu yang lainnya. Tak lama, ia dan beberapa rekannya langsung turun ke bawah.

Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto menyebut bahwa insiden itu langsung ditindaklanjuti oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Tegal usai laporannya diterima. Masyarakat pun turut membantu memadamkan api di TKP.

“Mendatangkan 3 unit mobil Damkar milik Pemkot Tegal, 1 dari Polres Tegal Kota, 4 ambulans dari RS Kardinah dan RSI Kota Tegal,” pungkasnya.

 

Editor: Kuswandi

Tag:  #tragis #kebakaran #gedung #karaoke #tegal #tewaskan #enam #begini #kronologinya

KOMENTAR