Erupsi Gunung Ruang, Penghuni Lapas Ulu Siau Bangun Kepulauan Sitaro Dievakuasi
Tim SAR evakuasi sejumlah warga binaan di Lapas yang berada di Pulau Tagulandang ke Pulau Bitung. [Berita Manado]
12:24
18 April 2024

Erupsi Gunung Ruang, Penghuni Lapas Ulu Siau Bangun Kepulauan Sitaro Dievakuasi

Erupsi Gunung Ruang yang terjadi pada Rabu (17/4/2024) malam sekira jam 20.15 WITA menyebabkan lontaran abu vulkanik setinggi 3.000 meter keluar dari kawah Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara.

Untuk mengantisipasi jatuhnya korban jiwa akibat dampak erupsi Gunung Ruang di sejumlah daerah terdekat, Tim Search and Rescue (SAR) Manado setempat melakukan evakuasi.

Salah satu proses evakuasi tersebut dilakukan untuk warga binaan di Lapas Ulu Siau Bangun Pulau Tagulandang pada Kamis (18/4/2024).

"Proses evakuasi warga binaan sejumlah 17 orang, juga pegawai lapas 10 orang, serta satu istri pegawai, total 28 orang," kata Humas Kantor SAR Manado Feri Ariyanto seperti dikutip Berita Manado-jaringan Suara.com, Kamis (18/4/2024).

Kapal SAR yang dikirimkan bakal bersandar di Pelabuhan Bitung dan nantinya warga binaan lapas dijemput untuk ke Lapas Bitung.

Erupsi Gunung Ruang telah menyebabkan kondisi darurat di sejumlah desa. Bahkan evakuasi menjadi langkah kritis untuk menyelamatkan nyawa dan memberikan perlindungan kepada warga yang terdampak.

Erupsi yang disertai kilatan petir vulkanik terjadi di Gunung Ruang yang berlokasi di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, Rabu (17/4/2024) [SuaraSulsel.id/ANTARA/HO-PVMBG]Erupsi yang disertai kilatan petir vulkanik terjadi di Gunung Ruang yang berlokasi di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, Rabu (17/4/2024) [SuaraSulsel.id/ANTARA/HO-PVMBG]

Sebelumnya diberitakan, hujan batu dan kerikil terjadi di sebagian wilayah Pulau Tagulandang Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, imbas terjadinya erupsi Gunung Ruang, Rabu (17/4/2024).

Kepala KUA Kecamatan Tagulandang, Fawzy Moro Lontoh mengatakan erupsi sangat dirasakan di Pulau Tagulandang bahkan beberapa kelurahan.

"Malam ini sempat terjadi hujan batu, atap rumah berdenting, bahkan gempa hari ini sampai ratusan kali terasa di pulau Tagulandang," katanya kepada BeritaManado.com-jaringan Suara.com, Rabu (17/4/2024).

Ia juga menyebutkan bahwa sebagian warga telah mengungsi ke tempat yang lebih aman. Tim SAR Gabungan juga telah siaga jika terjadi letusan susulan dari Gunung Ruang.

Basarnas Manado telah bersiap dalam penanganan bencana letusan Gunung Ruang yang saat ini terjadi di kepulauan Tagulandang. Sejak kemarin, beberapa masyarakat yang terdampak letusan Gunung Ruang telah dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #erupsi #gunung #ruang #penghuni #lapas #siau #bangun #kepulauan #sitaro #dievakuasi

KOMENTAR