Ini Alasan KPU Kembali Pakai JCC untuk Debat Keempat Pilpres
Komisioner KPU August Mellaz di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta, Senin (15/1/2024). (KOMPAS.com/ Tatang Guritno)
22:08
15 Januari 2024

Ini Alasan KPU Kembali Pakai JCC untuk Debat Keempat Pilpres

- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI August Mellaz mengungkapkan alasan Jakarta Convention Center (JCC) kembali dipakai untuk tempat pelaksanaan debat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Adapun, lokasi serupa pernah dipakai untuk debat Pilpres kedua pada 22 Desember 2023.

“Jadi kalau lihat pengalamannya di JCC, selain karena avalailability-nya tersedia, kemudian secara teknis juga bisa sangat membantu tim penyelenggara debat, dan juga tim paslon (pasangan calon) sangat familiar dengan tempat itu,” ujar Mellaz di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta, Senin (15/1/2024).

Nantinya, debat keempat Pilpres yang beragendakan debat calon wakil presiden (cawapres) bakal berlangsung pada Minggu, 21 Januari 2024.

Dalam momen tersebut, cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD bakal membahas soal tema terkait energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Di sisi lain, Mellaz mengaku bahwa KPU dan tim pasangan calon (paslon) sudah menyepakati untuk melakukan mitigasi terkait perilaku pendukung maupun penonton debat.

Nantinya, dua liason officer (LO) tiap paslon bakal dibekali dengan handy talky (HT) yang terhubung langsung dengan tim debat dari KPU.

Dengan tujuan, agar bisa mengawasi perilaku tiap-tiap pendukung dan penonton debat.

“Kalau untuk debat keempat akhirnya kita sepakati nanti tata letak atau posisinya dari LO full access itu akan dekat dengan kami,” kata Mellaz.

“Ditempatkan di bangku tersendiri sehingga bisa bersama-sama lakukan observasi forum, bisa bersama-sama langsung koordinasi,” ujarnya lagi.

Editor: Tatang Guritno

Tag:  #alasan #kembali #pakai #untuk #debat #keempat #pilpres

KOMENTAR