Mengenal Puasa Daud, Berikut Penjelasan tentang Keutamaan, Sejarah, dan Tata Caranya
ilustrasi hidangan berbuka puasa. (Freepik)
23:48
13 April 2024

Mengenal Puasa Daud, Berikut Penjelasan tentang Keutamaan, Sejarah, dan Tata Caranya

 - Puasa Daud juga dikenal sebagai puasa Nabi Daud. Ibadah sunnah ini merupakan salah satu amalan yang memiliki keutamaan dan manfaat besar dalam agama Islam.

Puasa ini dilakukan dengan cara sehari berpuasa dan sehari berbuka. Terkait hal ini, tidak ada batasan berapa lama puasa Daud harus dilakukan.

Meskipun sudah banyak yang menjalankan, tapi belum banyak yang tahu apa sebenarnya keutamaan dari Puasa Daud. Selain itu, bagaimana sejarah ibadah ini sehingga tetap dilakukan sejak zaman nabi hingga saat ini.

Melansir situs Baznas, Sabtu (13/4), ada pembahasan mendalam tentang kaidah puasa Daud, mencakup dalil-dalil yang mendukung, keutamaan, sejarah, dan tata cara menjalankannya.

Dalil Puasa Daud

Puasa Daud didasarkan pada hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dzar Al-Ghifari, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

"Sesungguhnya puasa yang paling utama adalah puasa Nabi Daud. Dia tidur setengah malam, lalu bangun sebagian malamnya, kemudian tidur sebagian yang lain. Dia juga puasa sehari dan berbuka (puasa) sehari." (HR. Bukhari)

Hadis ini menunjukkan bahwa puasa Daud merupakan salah satu puasa yang sangat dianjurkan dan memiliki keutamaan tersendiri di dalam Islam.

Keutamaan Puasa Daud

Puasa Daud memiliki beberapa keutamaan yang patut diperhatikan, antara lain untuk menjaga Kesehatan. Puasa Daud yang dilakukan dengan pola tidur terputus-putus pada malam hari dapat membantu menjaga kesehatan fisik dan mental.

Selain itu, puasa ini juga menjadi cara untuk membantu menguatkan ketakwaan. Puasa Daud membantu seseorang untuk meningkatkan ketakwaannya karena menuntut kesabaran dan keteguhan dalam menjalankannya.

Puasa Daud memberikan waktu tambahan bagi seseorang untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui ibadah, dzikir, dan doa di malam hari.

Sejarah Puasa Daud

Sesuai dengan namanya, Nabi Daud AS dikenal sebagai salah satu nabi yang menjalankan puasa tersebut. Nabi Daud merupakan sosok yang sangat dekat dengan Allah SWT dan memiliki ketaatan yang tinggi dalam menjalankan ibadah.

Puasa Daud diyakini sebagai salah satu praktik ibadah yang beliau lakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Puasa sunnah ini diketahui sebagai puasa yang paling utama di antara puasa sunnah lainnya. Rasulullah saw juga menganjurkan untuk berpuasa sebagaimana puasanya nabi Daud.

Ibadah sunna ini tergolong istimewa, karena merupakan puasa sunnah yang paling utama dan diistimewakan Allah swt. Peristiwa ini berawal ketika Rasulullah saw mendengar ada seseorang yang berpuasa terus-menerus tanpa jeda.

Nabi pun memerintahkan orang itu untuk behenti berpuasa, karena bagian tubuh memiliki hak untuk istirahat. Tidak dibenarkan berpuasa terus-menerus.

Orang tersebut bernama Abdullah bin Amr, yang mengatakan bahwa dirinya kuat berpuasa. Rasulullah saw lalu memerintahkan untuk berpuasa seperti yang dilakukan Nabi Daud as.

Abdullah bertanya, “Bagaimana Nabi Daud berpuasa?” Rasul menjawab, “Beliau berpuasa sehari dan berbuka sehari dan tidak pernah lari ketika berhadapan dengan musuh.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #mengenal #puasa #daud #berikut #penjelasan #tentang #keutamaan #sejarah #tata #caranya

KOMENTAR