Terima Kedatangan Prabowo di Cikeas, SBY: Sekarang Dia Komandan Saya
Prabowo mengungkap bahwa pertemuan dirinya dengan SBY di momen spesial kali ini hanyalah untuk berlebaran dan bentuk kunjungan junior kepada senior. 
17:17
13 April 2024

Terima Kedatangan Prabowo di Cikeas, SBY: Sekarang Dia Komandan Saya

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan penghormatan kepada capres pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto. Bahkan, SBY menyebut kalau Prabowo saat ini merupakan komandannya.

Pernyataan SBY itu disampaikan oleh Kepala Badan Komunikasi Strategis sekaligus Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra setelah Prabowo bersilaturahmi ke kediaman SBY pada, Jumat (12/4/2024) malam.

Kata Herzaky, kedua sosok itu telah menunjukkan sikap saling menghormati, baik Prabowo yang memberikan hormat ke SBY maupun sebaliknya.

"Bagaimana beliau yang dihormati betul oleh Pak Prabowo, malah memberikan penghormatan balik kepada Bapak Prabowo sebagai tamu beliau yang juga bakal menjadi Presiden ke-8," kata Herzaky dalam keterangan persnya, Sabtu (13/4/2024).

"Sekarang (Pak Prabowo) Komandan (pemimpin, presiden) saya, kata Pak SBY. Beliau pun menjamu Pak Prabowo dengan sangat baik," sambung Herzaky menyampaikan pernyataan SBY.

Herzaky juga menyatakan, sikap yang disampaikan oleh SBY itu mencerminkan kebudayaan Indonesia yang memuliakan tamu.

Terlebih kata dia, Prabowo yang notabene nya memiliki angkatan yang sama dengan SBY di Akademi Militer (Akmil), menyebut kalau mantan Ketua Umum Partai Demokrat itu adalah seniornya.

"Perilaku yang sejalan dengan tradisi dan nilai-nilai yang erat dipegang teguh oleh rakyat Indonesia, menghormati yang lebih tua. Tidak mentang-mentang. Suatu teladan yang semakin langka belakangan ini," ujar dia.

Sebelumnya, Partai Demokrat menegaskan kalau Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan turut serta mendukung peran pemerintah selanjutnya, jika Prabowo Subianto benar dilantik sebagai Presiden RI 2024-2029.

Pernyataan itu disampaikan oleh Kepala Badan Komunikasi Strategis sekaligus Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra setelah Prabowo bersilaturahmi ke kediaman SBY di Cikeas, Jumat (12/4/2024) malam.

Kata Herzaky, hubungan SBY dengan Prabowo layaknya sahabat tidak akan terpisahkan 

"Beliau berdua memberikan pesan kuat atas kebersamaan dan soliditas keduanya yang tidak bisa dipisahkan," kata Herzaky dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/4/2024).

Atas hal itu kata Herzaky, SBY akan terus mendukung peran Prabowo nantinya di pemerintahan untuk lima tahun mendatang.

Bahkan kata dia, SBY akan turut memberikan beragam saran dan pertimbangan jika dimintakan oleh Prabowo.

"Pak SBY akan mendukung setiap langkah sahabatnya, Pak Prabowo, untuk lima tahun ke depan, termasuk dalam memberikan saran dan pertimbangan," ujar dia.

Pernyataan ini seperti memberikan sinyal kalau SBY akan mendapatkan posisi sebagai dewan pertimbangan presiden (Wantimpres) untuk pemerintahan Prabowo-Gibran mendatang.

Pasalnya kata Herzaky, Prabowo juga akan meminta saran dan pertimbangan dari SBY untuk keperluan langkah politik ke depan.

Bahkan kata dia, Prabowo telah memberikan posisi yang terhormat untuk SBY, meski Herzaky tidak membeberkan secara detail posisi yang dimaksud.

"Begitu pula Pak Prabowo. Akan meminta saran, pertimbangan, dan dukungan Pak SBY dalam langkah-langkah politiknya ke depan, seperti selama ini yang sudah sering beliau lakukan. Memberikan posisi terhormat kepada Pak SBY," tukas dia.


Prabowo Lebaran ke SBY

Menteri Pertahanan RI sekaligus Capres pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto mengunjungi kediaman Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/4/2024).

Dengan mengenakan kemeja batik, Prabowo tiba di Puri Cikeas sekitar pukul 18.40 WIB dan disambut langsung oleh SBY.

Usai pertemuan, Prabowo mengungkap bahwa pertemuan dirinya dengan SBY di momen spesial kali ini hanyalah untuk berlebaran dan bentuk kunjungan junior kepada senior. 

"Lebaran. Lebaran. Kita datang ke senior," jelas Prabowo dalam keterangannya.

Prabowo tidak menjelaskan lebih lanjut perihal apa yang menjadi bahan perbincangan dengan SBY. Termasuk soal perkembangan politik usai dirinya terpilih jadi Presiden RI 2024-2029.

Editor: Muhammad Zulfikar

Tag:  #terima #kedatangan #prabowo #cikeas #sekarang #komandan #saya

KOMENTAR