Libur Lebaran 2024 Dimulai, Pemudik Motor di Pelabuhan Ciwandan Mengular Hingga 1 Kilometer
Pemudik motor mengular di Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon, Banten, Sabtu (6/4/2024) dini hari. [Yandi Sofyan/Suara.com]
11:28
6 April 2024

Libur Lebaran 2024 Dimulai, Pemudik Motor di Pelabuhan Ciwandan Mengular Hingga 1 Kilometer

Ribuan pemotor alias pemudik motor mulai memadati area Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon, Banten pada H-5 Lebaran 2024 atau hari Jumat (5/4/2024) malam hingga Sabtu (6/4/2024) dini hari. Kepadatan pemudik motor itu terjadi lantaran sudah memasuki masa libur lebaran 2024.

Antrean pemudik motor pada arus mudik Lebaran 2024 mengular di Pelabuhan Ciwandan alias Pelabuhan Indonesia atau Pelindo Banten hingga lingkungan pelabuhan sekira 1 kilometer lantaran buffer zone yang disiapkan untuk menuggu masuk ke kapal mengalami overload.

Peningkatan volume pemudik motor yang hendak menyeberang ke Sumatra melalui Pelabuhan Ciwandan itu dikarenakan banyak perusahaan telah menetapkan Jumat (5/4/2024) merupakan hari terakhir bekerja.

Penyebab Antrean Truk di JLS Cilegon Menuju Pelabuhan Ciwandan, Ternyata Kendaraan Ini Lebih Diprioritaskan

Ribuan Motor Padati Pelabuhan Ciwandan, Diprediksi Naik 70 Persen pada Puncak Arus Mudik

Salah satu pemudik, Andre (27) mengatakan, dirinya dan sang istri langsung memutuskan pulang ke kampung halaman sepulang kerja dikarenakan sudah mendapatkan waktu libur di hari Sabtu (7/4/2024) hingga Kamis (18/4/2024) mendatang.

"Baru libur hari ini, jadi langsung mudik sama istri. Saya dari Tangerang mau ke Palembang," kata Andre saat ditemui di Pelabuhan Ciwandan, Sabtu (7/4/2024) dini hari.

Meski demikian, Andre menyebut banyak rekan-rekannya yang memilih pulang kampung Sabtu (6/4/2024) lantaran merasa capek jika langsung pulang kampung ke Pulau Sumatera sepulang kerja.

"Banyak yang nanti pagi (Sabtu) pulangnya, karena mereka ada yang full hari ini kerja, jadi masih capek, paling pagi-pagi atau besok malem pulangnya. Kalau saya kebetulan tadi kerja setengah hari, jadi langsung pulang aja hari ini sama istri," ungkapnya.

Sementara, Rohmat (28) juga mengaku memilih pulang kampung usai mendapatkan jatah libur di hari Sabtu (6/4/2024) besok. Rohmat memilih langsung mudik sepulang bekerja karena menghindari kepadatan lebih parah yang diprediksi bakal terjadi di Sabtu-Minggu (6-7/4/2024) malam

"Tadi dari Serang mau ke Lampung. Iya (baru libur), besok (Sabtu). Tadi kerja dulu, pulang kerja langsung berangkat (mudik). Enggak (capek), ya biar sekaligus capeknya, nanti istirahat di rumah, di kampung," kata Rohmat.

Sementara itu, Kepala KSOP Kelas 1 Banten Kapten Hermanta mengaku pihaknya sudah melakukan antisipasi lonjakan pemotor di Pelabuhan Ciwandan saat memasuki H-5 dan H-4 Lebaran 2024 dengan membuat buffer zone tambahan.

"Puncaknya diprediksi hari ini dan besok tengah malam. Ini kita dan manajemen sudah mengatur, bahkan kita siapkan lagi buffer zone dekat gerbang masuk pelabuhan, bisa 200 kendaraan tertampung," ungkap Hermanta.

"Masyarakat bisa shalat, bisa melaksanakan istirahat dulu (di buffer zona tambahan)," imbuhnya.

Kontributor : Yandi Sofyan

Editor: Hairul Alwan

Tag:  #libur #lebaran #2024 #dimulai #pemudik #motor #pelabuhan #ciwandan #mengular #hingga #kilometer

KOMENTAR