Evakuasi Dramatis Mobil Terperosok 100 Meter di Jurang Tol Bocimi, Ini Penampakannya
Penampakan Mobil Daihatsu Xenia bernomor polisi F 1523 IL tergerus longsor di Tol Bocimi [ist]
22:16
4 April 2024

Evakuasi Dramatis Mobil Terperosok 100 Meter di Jurang Tol Bocimi, Ini Penampakannya

Longsor yang terjadi di Jalan Tol Bogor - Ciawi - Sukabumi atau Tol Bocimi Seksi 2 tepatnya di KM 64 600A menyebabkan satu kendaraan Mobil Daihatsu Xenia bernomor polisi F 1523 IL masuk ke lubang longsor, Rabu (3/4/2024) malam.

Kini mobil Daihatsu Xenia tersebut berhasil dievakuasi oleh petugas gabungan dari jurang, Kamis (4/4/2024).

Kendaraan minibus tersebut, berhasil dievakuasi oleh petugas gabungan dengan menggunakan sejumlah alat berat sekitar pukul 13.00 WIB.

Kasubditwal dan PJR Ditgakkum Korlantas Polri, Kombes Pol Faizal mengatakan, proses evakuasi kendaraan minibus tersebut dilakukan oleh petugas gabungan sekitar pukul 11.00 WIB.

"Setelah dua jam lamanya proses evakuasi, akhirnya mobil Daihatsu Xenia bisa kita evakuasi ke atas,” kata Faizal mengutip dari Sukabumiupdate -jaringan Suara.com.

Menurut dia, petugas gabungan sempat kesulitan saat melakukan evakuasi. Sebab, kontruksi tanah yang berada di jurang tersebut kondisinya masih labil. Bahkan, tali karmantel yang digunakan untuk menarik mobil Xenia beberapa kali terputus.

"Memang kesulitan, pertama itu tanah gerak terus karena labil berapa kali tadi pergerakan, dan kita berhenti karena teman-teman dari Brimob tidak akan mengambil risiko," ujarnya.

"Apabila tanah itu masih labil, dan tadi prosesnya pun ada beberapa tali yang putus ya dua kali putus karena memang curam kan dan kedalamannya sekitar ada 100 meter itu tidak kita tarik ke atas," lanjut Faizal.

Faizal menambahkan untuk kerusakan kendaraan yang paling parah yaitu, Daihatsu Xenia. Adapun mobil truk tidak terlalu parah, lantaran sudah berada di Parungkuda. Sementara itu, mobil minibus Isuzu Panther tidak mengalami kerusakan parah.

Lebih lanjut, Faizal juga mengungkapkan kondisi penumpang dan pengemudi mobil Xenia yang sebelumnya mengalami luka-luka, kini kondisinya sudah berangsur membaik.

Longsor di Tol Bocimi wilayah Parungkuda, Sukabumi [Ist]Longsor di Tol Bocimi wilayah Parungkuda, Sukabumi [Ist]

"Kondisinya sudah pulih dan mulai membaik, karena hanya mengalami luka ringan. Kami sudah konfirmasi dari pihak BPJT, bahwa tol bisa membantu kerugian yang dialami oleh masyarakat yang menjadi korban itu," ungkapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Humas RSUD Sekarwangi, Muhammad Rizal Perdana menjelaskan bahwa kedua korban hanya mengalami luka ringan, seperti memar, akibat benturan keras dari mobil yang terperosok ke dalam longsoran.

"Keduanya telah dipulangkan oleh RSUD Sekarwangi sebelum waktu zuhur hari ini. Mereka pulang bersama-sama pada subuh karena tidak mengalami luka serius, hanya memar akibat benturan," singkatnya.

Editor: Andi Ahmad S

Tag:  #evakuasi #dramatis #mobil #terperosok #meter #jurang #bocimi #penampakannya

KOMENTAR