Sejumlah Fakta Menarik Pemeriksaan Sandra Dewi Atas Kasus Korupsi Timah Harvey Moeis
Artis Sandra Dewi mendatangi gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Kamis (4/4/2024). Sandra Dewi didampingi oleh dua orang lainnya. Diketahui suami Sandra Dewi, Harvey Moeis, saat ini ditahan sebagai tersangka korupsi timah. (DERY RIDWANSAH/ JAWAPOS.COM)
18:16
4 April 2024

Sejumlah Fakta Menarik Pemeriksaan Sandra Dewi Atas Kasus Korupsi Timah Harvey Moeis

  -  Kasus dugaan korupsi timah yang dilakukan pengusaha Harvey Moeis tidak saja merugikan dirinya sendiri yang kini  menyandang status tersangka dan resmi dikenakan penahanan oleh Kejaksaan Agung.   Kasus dugaan korupsi dengan potensi kerugian keuangan negara dan berdampak pada kerusakan lingkungan senilai lebih dari 271 triliun itu juga merugikan sang istri, Sandra Dewi, berserta keluarganya.    Pasalnya, Sandra Dewi ikut dikaitkan dengan kasus dugaan korupsi dilakukan Harvey Moeis. Hari ini, Kamis (4/4), penyidik Kejaksaan Agung memeriksa perempuan berusia 40 tahun sebagai saksi atas dana yang ada di sejumlah rekening milik Harvey Moeis.   JawaPos.com merangkum sejumlah fakta menarik di balik pemeriksaan Sandra Dewi oleh Kejagung pada hari ini.    Berikut ulasan singkatnya:  

  1. Sandra Dewi Tiba di Kejagung Pagi Hari   Artis Sandra Dewi tiba di Gedung Kejaksaan Agung bersama timnya sekitar pukul 09.25 WIB. Dia ramah terhadap wartawan yang menyapanya dengan menebar senyuman.    Tak hanya itu, Sandra Dewi juga sempat memberikan tanda saranghaeyo dengan cara menyilangkan jari telunjuk dan jempolnya ketika disapa oleh wartawan. Setelah itu, Sandra Dewi masuk ke dalam ruangan penyidik untuk menjalani pemeriksaan.   2. Fokus Pemeriksaan Sandra Dewi Terkait Dana di Sejumlah Rekening   Direktur Penyidikan Jampidsus Kejagung Kuntadi menyatakan bahwa agenda pemeriksaan terhadap Sandra Dewi memiliki fokus pada proses pendalaman atas sejumlah dana yang ada di beberapa rekening Harvey Moeis yang telah diblokir dan disita penyidik.    Pemeriksaan tersebut bertujuan untuk memilih sekaligus memilah mana dana yang haram hasil korupsi dan mana dana yang memang diperoleh secara sah dari hasil kerja keras Harvey Moeis dan juga Sandra Dewi. Karena dana di dalam sejumlah rekening yang telah disita, kemungkinan tidak semuanya dana haram. Namun soal nominal dana yang ada di beberapa rekening yang telah disita, sampai saat ini masih dirahasiakan.   3. Penyidik Dalami Keterlibatan Sandra Dewi   Harvey Moeis kini resmi dijerat dengan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU). Pasal ini memberikan kewenangan kepada penyidik untuk melacak aliran dana Harvey Moeis yang diduga bersumber dari dana haram.   

  Soal kemungkinan Sandra Dewi bakal ditetapkan sebagai tersangka setelah Harvey Moeis dijerat dengan TPPU, Kuntadi menegaskan bahwa pihaknya tidak mau berspekulasi. Penyidik bekerja secara profesional sesuai dengan alat bukti.   4. Sandra Dewi Keluar dari Ruang Penyidik Usai 5 Jam Pemeriksaan   Sandra Dewi menjalani pemeriksaan di hadapan penyidik Kejaksaan Agung RI selama kurang lebih 5 jam atas kasus dugaan korupsi timah dilakukan Harvey Moeis bersama Helena Lim, dan belasan tersangka lain.   Sandra Dewi baru keluar dari ruangan penyidik kurang lebih pukul 14.30 WIB dan dikawal oleh petugas. Bertemu dengan puluhan wartawan dari berbagai media yang sudah beberapa jam menantinya, Sandra Dewi kembali mengumbar senyuman dan berusaha ramah kepada wartawan.   Sandra Dewi tidak menyebut berapa pertanyaan yang dicecarkan penyidik padanya. Dia hanya meminta doa. Selain itu, dia juga menyampaikan pesan sebelum meninggalkan Gedung Kejagung supaya pemberitaan tidak melebar dan harus berpatokan pada data yang benar. 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #sejumlah #fakta #menarik #pemeriksaan #sandra #dewi #atas #kasus #korupsi #timah #harvey #moeis

KOMENTAR