Apakah Harvey Moeis-Sandra Dewi Bisa Dimiskinkan? Begini Pendapat 4 Pakar Hukum Ternama
Kejagung telah menyita setidaknya tiga aset Harvey Moeis dan Sandra Dewi terkait kasus korupsi timah, termasuk mobil mewah Rolls Royce (kanan). 
06:01
4 April 2024

Apakah Harvey Moeis-Sandra Dewi Bisa Dimiskinkan? Begini Pendapat 4 Pakar Hukum Ternama

- Soal Sandra Dewi yang bakal dimiskinkan jika terbukti terlibat di kasus korupsi timah yang menjerat suaminya bikin publik penasaran.

Banyak yang bertanya-tanya apakah artis 40 tahun itu bakal jatuh miskin atau dimiskinkan jika terseret dalam kasus yang melibatkan Harvey Moeis.

Apalagi kini sejumlah aset mewah dan uang milik Sandra Dewi dan Harvey Moeis sudah disita Kejagung mulai uang tunai, mobil mewah hingga pesawat pribadi.

Berikut Rangkuman 4 Pakar Hukum yang dirangkum Tribunnews.com : 

1. Bambang Widjojanto : Berpotensi Dimiskinkan

Mantan pimpinan KPK,  Bambang Widjojanto mengatakan, suami Sandra Dewi tersebut akan berpotensi untuk dimiskinkan.

"Kalau yang pertama gini, ini harus ditimbulkan efek deteren. Efek deterennya itu bisa dari kombinasi macam-macam. Pemiskinan adalah salah satu proses," ungkap Bambang Widjojanto, dikutip dari YouTube Intens Investigasi, Selasa (2/4/2024).

Bambang beranggapan bahwa Harvey Moeis seharusnya mendapatkan hukuman yang maksimal.

"Tapi bukan hanya pemiskinan, harusnya kemudian hukuman yang maksimal juga harus diterapkan," imbuh Bambang.

Lebih lanjut, Bambang berujar bahwa kasus korupsi yang dilakukan oleh Harvey Moeis perlu adanya penyidikan secara mendalam.

Hal tersebut harus dilakukan untuk mengetahui langkah hukum yang akan ditanggung oleh Harvey Moeis.

"Hukumannya menurut saya ini ada perkembangan karena apakah ini sekadar merugikan keuangan negara atau perekonomian keuangan negara?"

"Kalau merugikan perekonomian keuangan negara maka sanksinya pasti harus lebih besar," ujar Bambang.

Mantan wakil ketua KPK, Bambang Widjojanto ungkap Harvey Moeis berpotensi untuk dimiskinkan atas kasus dugaan korupsi timah. Mantan wakil ketua KPK, Bambang Widjojanto ungkap Harvey Moeis berpotensi untuk dimiskinkan atas kasus dugaan korupsi timah. (Kolase Tribunnews)

2. Kamaruddin Simanjuntak : Tidak hanya Dimiskinkan

Menanggapi kasus korupsi yang menyeret Harvey Moeis, pengacara Kamaruddin Simanjuntak pun menyinggung hukuman mati bagi koruptor.

Kamaruddin juga menyebut Sandra Dewi bisa terancam dimiskinkan bahkan berharap keluarga pelaku korupsi timah dimiskinkan.

"Dihukum mati saja, atau setidak-tidaknya dimiskinkan pelaku korupsinya," kata Kamaruddin, dikutip dari YouTube Intens Investigasi, Minggu (31/3/2024).

"Termasuk juga pasangannya, suami atau istrinya, orang tuanya, kakak adiknya, dan keponakan-keponakannya. 

Atau semua keluarga itu  yang diduga memiliki kaitan dengan dana korupsi tersebut," paparnya.

Kamaruddin Simanjuntak meminta pemerintah bisa tegas menuntaskan kasus ini.

"Jadi jangan lagi mereka sudah korupsi masih berpesta pora," ungkapnya.

Kamaruddin mengatakan, tidak ada alasan bagi seorang istri untuk tidak mengetahui dari mana asal pertambahan harta pasangannya sehingga, Sandra Dewi berpotensi ikut terseret kasus korupsi sang suami.

Kamaruddin Simanjuntak sebut Sandra Dewi bisa berpeluang terjerat hukum buntut suaminya jadi tersangka kasus korupsi. Kamaruddin Simanjuntak sebut Sandra Dewi bisa berpeluang terjerat hukum buntut suaminya jadi tersangka kasus korupsi. (Kolase Tribunnews)

3. Otto Hasibuan : Tergantung Kejagung 

Terkait apakah Sandra Dewi bakal jatuh miskin lantas ditanggapi Pengacara kondang Otto Hasibuan.

Otto Hasibuan justru tertawa menjawab kemungkinan Sandra Dewi miskin imbas kasus korupsi yang dilakukan sang suami, Harvey Moeis.

Keputusan Sandra Dewi dan Harvey Moeis dimiskinkan atau tidak, tergantung dari barang bukti yang diperoleh Kejaksaan Agung (Kejagung).

 Otto Hasibuan menilai Sandra Dewi dan Harvey Moeis tak serta merta akan miskin apabila dihukum.

Lantaran, menurutnya, jika Sandra Dewi dan Harvey Moeis memang memiliki kekayaan yang melimpah ruah, hukuman yang dijatuhkan tak akan berpengaruh pada harta mereka.

"Soal apakah akan dimiskinkan, kalau terbukti nanti dia akan dihukum."

"Apakah dengan dihukum akan jadi miskin? Kalau banyak uangnya mana bisa miskin-miskin," kata Otto Hasibuan sambil tertawa, Senin (1/4/2024), dikutip dari YouTube Intens Investigasi.

Menurutnya, sudah pasti pihak Kejagung akan menelusuri barang-barang mewah milik Sandra Dewi.

Tetapi, Otto Hasibuan berpendapat gaya hidup mewah Sandra Dewi tak akan 'terganggu' jika tidak ada bukti yang merujuk pada keterlibatan sang artis dalam kasus suaminya.

Lantaran, tidak semua istri tahu dari mana suami mendapatkan uang.

"Ya itu Kejaksaan akan melihat, apakah itu betul-betul (hasil) kerja samanya atau karena dia sebagai istri, suami bawa uang, ya dipakai. Kan nggak ada yang tau," ungkapnya.

Pengacara Otto Hasibuan beri penjelasan soal kerugian Rp 271 triliun dalam kasus korupsi yang libatkan suami Sandra Dewi, Harvey Moeis. Pengacara Otto Hasibuan beri penjelasan soal kerugian Rp 271 triliun dalam kasus korupsi yang libatkan suami Sandra Dewi, Harvey Moeis. (Kolase Tribunnews)

4. Henri Indraguna : Tunggu UU 

Menurut Henry Indraguna, saat ini belum ada undang-undang yang mengatur memiskinkan koruptor yang telah terbukti bersalah.

"Kalau kita bicara dimiskinkan. Nah apakah sudah ada legal standing-nya? Apakah sudah ada undang-undang yang mengatur terkait daripada memiskinkan koruptor yang sudah terbukti memang bersalah, dengan adanya putusan berkekuatan Hukum tetap," kata Henry Indraguna, mengutip YouTube Seleb Oncam News, Rabu (3/4/2024).

"Undang-undangnya kan belum ada undang-undang kan belum disahkan," tambahnya.

Oleh sebab itu Henry Indraguna mengatakan jika memiskikan koruptor untuk saat ini sangat sulit dilakukan di Indonesia.

Mengingat undang-undang untuk memiskinkan koruptor seperti Harvey Moeis saat ini belum disahkan.

"Nah kita harus tunggu dulu undang-undangnya. Setelah disahkan baru itu bisa dilakukan memiskinkan, tapi kalau undang-undangnya belum ada tidak bisa."

"Maka kata dimiskinkan itu sangat sulit dilakukan untuk saat ini di Indonesia," terang Henry Indraguna.

Henry Indraguna dan Sandra Dewi - Pakar hukum, Henry Indraguna menanggapi soal keterlibatan Sandra Dewi atas tindakan korupsi suaminya Harvey Moeis, minta penyidik buktikan dahulu. Henry Indraguna dan Sandra Dewi - Pakar hukum, Henry Indraguna menanggapi soal keterlibatan Sandra Dewi atas tindakan korupsi suaminya Harvey Moeis, minta penyidik buktikan dahulu. (Kolase Tribunnews)

Editor: Eko Sutriyanto

Tag:  #apakah #harvey #moeis #sandra #dewi #bisa #dimiskinkan #begini #pendapat #pakar #hukum #ternama

KOMENTAR