5 Fakta Gudang Peluru Kodam Jaya yang Meledak Malam Hari
Breaking News! Ledakan di Gudang Peluru Bekasi Hasilkan Awan Berbentuk Jamur [Tangkap layar Twitter]
13:28
31 Maret 2024

5 Fakta Gudang Peluru Kodam Jaya yang Meledak Malam Hari

Suara ledakan yang berkali-kali terdengar dari gudang peluru atau munisi Kodam Jaya terbakar. Peristiwa kebakaran yang terjadi pada Sabtu (31/3/2024) malam hari ini sontak membuat warga menjadi panik.

Siruasi sempat mencekam dan warga ingin mengungsi saat kebakaran yang berlangsung lebih dari 2 jam tersebut. Berikut 5 fakta gudang peluru Kodam Jaya yang terbakar malam hari.

1. Gudang munisi milik Kodam Jaya

Peristiwa kebakaran disertai ledakan terjadi pada Sabtu (30/3/2024) malam, yang mengejutkan warga sekitar. Berdasarkan penelusurannya, gudang munisi tersebut diketahui milik Kodam Jaya yang berada di Desa Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor.

2. Peristiwa kebakaran gudang viral

Peristiwa ini pun kemudian viral di media sosial. Terlihat dari sejumlah video yang dibagikan jika warga panik dan berusaha mengungsi atau menjauhi lokasi kejadian.

3. Kebakaran diakui berasal dari bangunan gudang 6

Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Mohamad Hasan mengungkapkan kronologi kebakaran tersebut beradal dari gudang 6 dari 16 gudang yang ada di bagian gudmurah.

"Pada pukul 18.05 tadi, ditemukan adanya asap di gudang nomor 6, Gudmurah Kodam Jaya ini," kata Pangdam di lokasi kejadian.

Pangdam juga memastikan bahwa amunisi di Gudang 6 Gudmurah Kodam Jaya itu merupakan amunisi kedaluwarsa.

4. Gudang tersebut berisi amunisi yang kadaluarsa

Pangdam juga mengungkapkan jika gudmurah itu berisi amunisi-amunisi yang sudah kedaluwarsa dan pengembalian dari berbagai satuan di wilayah Kodam Jaya.

"Ternyata itu indikasi ledakan sehingga anggota segera memberitahukan kepada piket untuk memberi tahu warga sekitar bahwa telah terjadi ledakan," kata Pangdam.

5. Gudang tersebut berisi ratusan ribu amunisi

Peluru yang ada di gudang tersebut diperkirakan berjumlah 160.000 jenis amunisi.

Pangdam juga mengklaim hingga saat ini belum ada korban jiwa maupun luka-luka akibat terbakarnya Gudang 6, Gudmurah Kodam Jaya

"Sampai saat ini, kami sudah mengecek seluruh lokasi di parameter kami, bahwa tidak ada korban jiwa. Walaupun saat ini kami tidak bisa masuk langsung ke lokasi karena masih ada kerawanan ledakan-ledakan kecil," katanya.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Kristomei Sianturi mengatakan, isi gudang tersebut berisi sejumlah peluru baik ukuran kecil hingga berat.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Kristomei Sianturi mengatakan, isi gudang tersebut berisi sejumlah peluru baik ukuran kecil hingga berat. Dengan jumlah peluru yang beragam tersebut dikhawatirkan saat mendekat akan masih bisa meledak.

"Warga sudah kami evakuasi ke tempat yang lebih aman, dan babinsa (bintara pembina desa, red.) terus berkoordinasi dengan instansi lainnya untuk mengamankan masyarakat yang ada di sana," kata Brigjen TNI Kristomei.

"Ada  granat dan sebagainya," katanya.

"Informasi terakhir dari yang di lapangan (ledakan, red.) masih terjadi, dan kami sukar mendekat karena gudang munisi ini juga memuat berbagai macam jenis peluru, termasuk yang kaliber besar ada di sana sehingga dikhawatirkan terjadi ledakan-ledakan yang justru dapat membahayakan. Jadi, kita tunggu dahulu semuanya," kata Kadispenad.

Editor: Tasmalinda

Tag:  #fakta #gudang #peluru #kodam #jaya #yang #meledak #malam #hari

KOMENTAR