8 Tips Meningkatkan Keterampilan Public Speaking, Perhatikan Umpan Balik hingga Mengenali Audiens
Ilustrasi wanita dengan keterampilan public speaking yang bagus. (freepik)
09:56
27 Maret 2024

8 Tips Meningkatkan Keterampilan Public Speaking, Perhatikan Umpan Balik hingga Mengenali Audiens

 – Kata public speaking memang sudah tak asing lagi mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, guru, dosen hingga ke sebuah instansi yang lebih tinggi.

Di era sekarang, memiliki kemampuan public speaking memang sebuah keharusan karena skill ini bermanfaat untuk menunjang berbagai permasalahan baik lingkup rumah maupun pekerjaan.

Dalam public speaking tidak hanya bisa berbicara dengan kalimat efektif namun penyampaian dan pesan yang ingin disampaikan ke pendengar bisa tersampaikan dengan baik.

Tak sedikit yang masih mengalami gugup saat public speaking yang berujung tidak fokus dalam penyampaian di depan umum. Sehingga pesan yang ingin disampaikan ke pendengar tidak bisa maksimal.

Dilansir dari laman Harvard Division of Continuing Education, terdapat 8 tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan public speaking diantaranya :

1. Rajin berlatih dan menyiapkan dengan matang

Permasalahan umum yang sering terjadi dalam public speaking adalah jantung berdebar kencang dan tangan gemetar. Namun tidak sedikit orang ketika mengalami gejala ini justru menganggap kinerja akan buruk ketika berbicara di depan umum.

Padahal realitanya ada hormon adrenalin yang membuat reaksi keringat dan membuat lebih waspada sehingga jauh lebih siap tampil.

Cara mengatasinya adalah dengan rajin berlatih dan melakukan persiapan yang matang.  Berlatih berbicara di depan cermin juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk melatih mimic mulut dan ekspresi wajah.

2. Mengenali audiens

Cara kedua yaitu mengenali audiens sebelum tampil. Karena hal ini mempengaruhi pilihan kata, tingkat informasi, pola organisasi dan pernyataan motivasi.

3. Mengatur materi dengan cara efektif agar lebih mudah mencapai tujuan

Sebagai awal perkenalan materi bisa dijelaskan kerangka materi yang akan dibahas mulai dari topik, tujuan, dan gagasan sentral.

4. Memperhatikan umpan balik

Dalam meningkatkan skill public speaking perlu memperhatikan umpan balik dari audiens.

Karena jika audiens terlihat pasif bahkan ketika diberi kesempatan bertanya tidak ada yang mengajukan, hal ini bisa jadi pesan atau materi tidak tersampaikan dengan maksimal.

5. Menunjukkan kepribadian diri

Untuk tampil di depan umum diperlukan jati diri sendiri artinya tidak perlu menjadi orang lain. Dengan begitu, kredibilitas akan terbangun dan kepribadian semakin terpancar baik sehingga audiens lebih memvalidasi materi yang disampaikan.

6. Menciptakan suasana humor

Untuk mencairkan suasana dibutuhkan humor atau anekdot lucu ke dalam presentasi. Ini akan membantu audiens tidak mudah bosan dan ngantuk.

7. Jangan membaca naskah atau slide terlalu sering

Dalam public speaking, menjaga kontak mata dengan audiens justru membuat fokus dalam menyampaikan materi.

Dalam presentasi bisa dituliskan secara garis besarnya saja yang bisa membantu ingatan dalam tampil di depan umum.

8. Menggunakan suara dan gaya tubuh yang efektif

Tidak hanya komunikasi verbal, nonverbal juga mampu membawa sebagian besar pesan. Justru penyampaian pesan yang baik tidak hanya menarik perhatian namun menyampaikan gagasan dengan jelas dan tanpa gangguan. 

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #tips #meningkatkan #keterampilan #public #speaking #perhatikan #umpan #balik #hingga #mengenali #audiens

KOMENTAR