Jadi Tempat Moderasi Beragama, Tingkatkan Kapasitas dan Kompetensi Imam Masjid
Direktur Urais Binsyar Kemenag Adib. (Kemenag)
22:24
26 Maret 2024

Jadi Tempat Moderasi Beragama, Tingkatkan Kapasitas dan Kompetensi Imam Masjid

- Ada beragam jenis masjid di Indonesia. Mulai dari Masjid Raya, Masjid Agung, Masjid Besar, Masjid Jami, Masjid Bersejarah, dan Masjid di tempat publik. Keberadaan masjid itu tidak bisa dipisahkan dari imamnya.

Apalagi Kementerian Agama (Kemenag) menjadikan masjid sebagai tempat moderasi beragama. Tentunya kompetensi dan kapasitas dari imam masjid harus terus ditingkatkan.

Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag akan melakukan peningkatan kapasitas untuk 22.000 imam masjid di seluruh Indonesia. “Sejak tahun 2021, Kemenag telah melakukan peningkatan kapasitas imam masjid sebanyak 5.500 orang, 11.000 orang tahun 2022, 16.500 orang tahun 2023, dan 22.000 orang ditargetkan terlaksana pada 2024,” papar Adib, direktur Urais Binsyar.

Pendapat itu disampaikan Adib dalam Rapat Koordinasi bidang Urais Binsyar di Jakarta pada Senin (25/3) lalu. Dia mengatakan, pihaknya

Menurut dia, program peningkatan kapasitas imam merupakan salah satu upaya menjadikan masjid sebagai pelopor moderasi beragama. “Kita berharap terjadi revitalisasi peran masjid yang semakin profesional secara pengelolaannya. Kian moderat cara pandang dan paham keagamaan seluruh ekosistemnya. Juga berdaya dan memberdayakan jemaahnya,” jelasnya.

Di samping itu, Direktorat Urais Binsyar akan menggencarkan kampanye rintisan Masjid Ramah pada 2024. Salah satu instrumen yang disiapkan adalah program bantuan. Bantuan itu untuk masjid dan musala. Adapun masjid dan musala yang diberikan bantuan mesti memenuhi sejumlah kriteria untuk masjid ramah.

Mulai dari sisi pola pikir (mindset), keterampilan (skillset), segenap ekosistemnya, maupun ketersediaan sarana prasarananya (toolset). Lima kategori ramah tersebut adalah Ramah Perempuan dan Anak, Ramah Difabel dan Lansia, Ramah Lingkungan, Ramah Keragaman, serta Ramah Duafa dan Musafir.

Adib mengungkapkan, pihaknya menargetkan program 2.000 bantuan operasional masjid/ musala untuk tahun anggaran 2024. Dia berharap dana bantuan operasional tersebut dapat digunakan secara optimal untuk mendorong terbentuknya ekosistem masjid, dan meningkatkan derajat keberlanjutan keberagaman masjid.

“Melalui program ini kita berharap revitalisasi peran masjid semakin profesional pengelolaannya, kian moderat cara pandang paham keagamaannya, ramah seluruh ekosistemnya, juga kian berdaya dan memberdayakan jemaahnya,” tandasnya.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #jadi #tempat #moderasi #beragama #tingkatkan #kapasitas #kompetensi #imam #masjid

KOMENTAR