KPK Usut Uang Rp 15 Miliar yang Ditemukan di Rumah Pengusaha Hanan Supangkat
Bos PT Mulia Knitting Factory Hanan Supangkat. Ia diperiksa KPK terkait kasus TPPU eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL). 
20:13
26 Maret 2024

KPK Usut Uang Rp 15 Miliar yang Ditemukan di Rumah Pengusaha Hanan Supangkat

- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa bos PT Mulia Knitting Factory Hanan Supangkat, Senin (25/3/2024).

Ini kedua kalinya mantan Ketua Ferrari Owners Club Indonesia (FOCI) itu diperiksa sebagai saksi kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, tim penyidik mendalami uang Rp 15 miliar yang ditemukan di kediaman Hanan Supangkat.

Uang tersebut ditemukan saat penggeledahan oleh penyidik KPK.

"Hanan Supangkat (swasta), yang bersangkutan hadir. Pada saksi, tim penyidik mengkonfirmasi antara lain kaitan temuan sejumlah uang saat dilakukan penggeledahan di rumah kediamannya," kata Ali kepada wartawan, Selasa (26/3/2024).

Tak hanya itu, penyidik juga mengusut dugaan keterlibatan Hanan Supangkat dalam proyek di Kementerian Pertanian. Diduga, dia mendapat akses dari SYL.

"Didalami pula, dugaan adanya penggunaan kendali perusahaan tertentu oleh saksi untuk mengikuti proyek pengadaan di Kementan RI melalui akses dari tersangka SYL," kata Ali.

Adapun rumah Hanan Supangkat telah digeledah penyidik pada 6 Maret 2024 dan kini dicegah bepergian keluar negeri.

Kasus pencucian uang SYL ini merupakan pengembangan dari perkara pemerasan yang sudah disidangkan di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Pada perkara pokoknya, SYL didakwa menerima uang korupsi sebesar Rp44,5 miliar.

Uang itu berasal dari setoran pejabat-pejabat di Kementerian Pertanian, yang menjadi korban pemerasan SYL.

Belum ada pernyataan dari Hanan Supangkat terkait pemeriksaan maupun penggeledahannya tersebut.

Editor: Adi Suhendi

Tag:  #usut #uang #miliar #yang #ditemukan #rumah #pengusaha #hanan #supangkat

KOMENTAR