500 Unit Motor Disiapkan Korlantas untuk Urai Kemacetan saat Mudik
500 Unit Motor Disiapkan Korlantas untuk Urai Kemacetan Saat Mudik. (dok. NTMC Polri)
17:08
26 Maret 2024

500 Unit Motor Disiapkan Korlantas untuk Urai Kemacetan saat Mudik

 Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) menyiapkan 500 kendaran roda dua untuk mengurai kemacetan pada saat mudik lebaran 2024 nanti.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen. Pol. Aan Suhanan melalui keterangan resminya.

Penyerahan sepeda motor sebanyak 500 unit itu kata Aan sebagai dukungan korlantas kepada beberapa polda untuk mengatasi kemacetan arus mudik termasuk pada saat arus balik.

Diprediksi ada sekitar 193,6 juta yang akan melakukan perjalanan mudik lebaran 2024.

"Hari ini kita penyerahan sepeda motor sebagai dukungan Korlantas kepada beberapa Polda yang pada saat arus mudik sangat memerlukan dukungan operasional untuk kendaraan pengurai kemacetan," ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan melalui keterangan resmi, Selasa (26/3).

Korlantas Polri, lanjut Aan, akan membentuk tim pengurai kemacetan, nantinya motor tersebut untuk mendukung sub satgas urai macet sehingga bisa memaksimalkan, memperlancar, menjamin keselamatan masyarakat pada saat mudik.

"Kita menggunakan kendaraan tersebut, dengan harapan nanti manuvernya lincah karena tidak terlalu besar kendaraanya, bentuknya juga adventure jadi lebih lincah untuk menembus ruang-ruang yang sempit," jelas Aan.

Menurutnya, strategi untuk melayani masyarakat sangat diperlukan mengingat jalur darat masih menjadi primadona bagi para pemudik.

"Melihat anev tahun lalu banyak sekali trouble spot yang mengakibatkan kemacetan maupun perlambatan terutama untuk para pengemudi yang berhenti di bahu jalan atau mendapat gangguan," tegasnya.

"Tim ini akan menyelesaikan permasalahan itu nanti di setiap Polda mulai dari Banten sampai dengan Jawa Timur kita bentuk tim urai macet ini," lanjut Kakorlantas.

Aan berharap dengan dibentuknya tim urai kemacetan dapat membantu memperlancar arus lalu lintas atau pengendara yang mendapati gangguan pada saat arus mudik-balik.

"Nanti cara bertindaknya melakukan patroli sesuai dengan jam rawannya, kemudian apabila dari Command Center ada laporan gangguan, titik macet, tim ini yang akan turun untuk mengurai kemacetan," tutup Irjen Pol Aan.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #unit #motor #disiapkan #korlantas #untuk #urai #kemacetan #saat #mudik

KOMENTAR