Siapa Yashinta Mega, Wanita Ayu yang Bakal Satu Gedung dengan Komeng di Senayan?
Siapa Yashinta Mega Wanita Ayu yang Bakal Satu Gedung dengan Komeng di Senayan? [yashintasekarwangi.com]
17:36
23 Maret 2024

Siapa Yashinta Mega, Wanita Ayu yang Bakal Satu Gedung dengan Komeng di Senayan?

Pemilu 2024 rampung dilaksanakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI juga telah mengumumkan hasilnya secara resmi. Di tingkat Dewan Perwakilan Daerah alias DPD, sejumlah nama jadi sorotan lantaran sukses meraih suara terbanyak, salah satunya tentu saja komedian Komeng.

Selain Komeng yang lolos ke DPD di dapil Jawa Barat (Jabar), dari dapil DIY juga ada sosok caleg yang curi perhatian publik. Ia adalah RA Yashinta Sekarwangi Mega atau yang akrap disapa Yashinta.

Yashinta merupakan putri dari politikus senior PDIP Aria Bima. Sosok Yashinta menarik perhatian publik lantaran banner miliknya cukup banyak bertebaran di Yogyakarta pada masa kampanye.

Usia Yashinta masih sangat muda, ia kelahiran 25 Agustus 1996. Dikutip dari laman resmi miliknya, Yashinta ternyata memiliki darah biru.

Politikus PDIP Aria Bima bersama istri, R. Ay L. Kartika Primartanti, dan ketiga anak mereka yakni Yashinta Sekarwangi Mega, Sukma Putri Maharani, dan Arstuti Pramesti Putri alias Patricia Putri.Politikus PDIP Aria Bima bersama istri, R. Ay L. Kartika Primartanti, dan ketiga anak mereka yakni Yashinta Sekarwangi Mega, Sukma Putri Maharani, dan Arstuti Pramesti Putri alias Patricia Putri.

Yashinta merupakan canggah (anak dari buyut) Sri Sultan Hamengkubuwono VIII dari garis keturunan sang ibu yaitu Raden Ayu Kartika Primartanti.

Latar belakang pendidikan Yashinta tak main-main, ia merupakan jebolan S1 Hubungan Internasional Universitas Gajah Mada (UGM) dan S2 Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia (UI).

Selain lulusan dua kampus ternama itu, Yashinta juga mengikuti pendidikan di luar negeri seperti program Summer School di Science Po, Prancis dan Leadership Program di Amerika Serikat.

Yashinta juga tercatat pernah menjadi anggota GMNI, ia masuk kepengurusan Dewan Mahasiswa (DEMA) Fisipol UGM.

Ia memiliki dua adik perempuan yakni Ignatia Sekar Wangi Mega Prameswari dan Patricia Arstuti Pramesti Putri. Yashinta telah menikah dengan Muhammad Raihan Dzaky pada 2023.

Sebelum ikut kontestasi di Pemilu 2024, Yashinta diketahui pernah kerja selama 3,5 tahun di Kementerian Perdagangan. Meski terbilang 'hijau' di kontestasi Pemilu, Yashinta memiliki suara sangat banyak.

Dari hasil KPU RI, Yashinta meraup suara 470.211 suara (20,45%). Perolehan suara ini berada di posisi kedua di bawah GKR Hemas, Ratu Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang meraih suara terbanyak di Pemilu 2024.

“Anak muda tidak perlu takut untuk berkarya dan berdampak. Dengan harmoni dan dedikasi, Yogyakarta yang nyaman dan lestari ada di tangan kita.” kata Yashinta.

Komitmen Yashinta berada dalam dua ide perjuangan. Pertama, terkait pemenuhan hak dasar yang setara, seperti kesejahteraan, keamanan, dan pendidikan. Kedua, percepatan serta pengembangan potensi daerah dan SDM generasi muda.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #siapa #yashinta #mega #wanita #yang #bakal #satu #gedung #dengan #komeng #senayan

KOMENTAR