Dukungan MKRI untuk Palestina di Forum WCCJ di Venice
Delegasi Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MKRI) yang dipimpin oleh Hakim Konstitusi Arief Hidayat menyerukan dukungan untuk Palestina. (Humas MKRI)
10:40
22 Maret 2024

Dukungan MKRI untuk Palestina di Forum WCCJ di Venice

 – Delegasi Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MKRI), yang dipimpin oleh Hakim Konstitusi Arief Hidayat, menyuarakan dukungan untuk Palestina selama Pertemuan Biro ke-21 World Conference on Constitutional Justice (WCCJ) yang berlangsung pada Sabtu, 16 Maret 2024, di Venice, Italia.

Konferensi yang berlangsung di Scuola Grande San Giovanni Evangelista, Venice, ini menyoroti pembahasan resolusi WCCJ yang menangani pelanggaran hak asasi manusia dan pelanggaran hukum yang sering terjadi dalam hubungan internasional.

Dalam agenda tersebut, Arief menyampaikan pernyataan tegas, menegaskan pandangan Mahkamah Konstitusi Indonesia tentang pentingnya aspek kemanusiaan dan penegakan hak asasi manusia sebagai nilai yang menyatukan organisasi WCCJ. Beliau menjelaskan bahwa sejak awal pendirian WCCJ, telah disepakati bahwa nilai-nilai penegakan hukum, demokrasi, dan hak asasi manusia menjadi dasar dan tujuan dari WCCJ.

Arief juga menekankan bahwa berbagai pelanggaran hak asasi manusia dan tragedi kemanusiaan yang terjadi di seluruh dunia seharusnya tidak terjadi. Beliau menyayangkan banyak negara yang menganggap hukum sebagai nilai tertinggi, namun pada kenyataannya, melakukan pelanggaran hukum internasional.

“Dunia tidak boleh menutup mata terhadap tragedi kemanusiaan di Palestina yang telah berlangsung selama beberapa dekade. Terlebih lagi, dalam konteks WCCJ, baik Palestina maupun Israel merupakan anggota WCCJ,” tutup Arief di depan para peserta pertemuan.

Resolusi WCCJ tersebut akhirnya telah disepakati dan segera disebarluaskan kepada seluruh anggota WCCJ yang berjumlah 121 negara. Dengan resolusi ini diharapkan masing-masing anggota dapat saling mendukung dan menegakkan supremasi konstitusi baik di negaranya sendiri, maupun dalam konteks hubungan dengan negara lain.

Resolusi WCCJ ini pertama kali dibahas pada bulan Maret 2023, untuk kemudian dapat disepakati satu tahun kemudian, tepat pada pertemuan biro yang ke-21.

Adapun kehadiran delegasi Mahkamah Konstitusi dalam pertemuan biro WCCJ yang ke-21 adalah sebagai anggota biro dari unsur tuan rumah kongres. Pada 2022 yang lalu, MKRI dipercaya sebagai penyelenggara kongres WCCJ yang ke-5 pada 4 – 7 Oktober 2022 di Nusa Dua, Bali dengan tema “Constitutional Justice and Peace”.

Pertemuan Biro kali ini dihadiri oleh beberapa presiden asosiasi Mahkamah Konstitusi yang berasal dari berbagai wilayah regional maupun bahasa: MK Asia, MK Afrika, MK Eropa, MK Eurasia, Asosiasi MK berbahasa portugis, berbahasa Perancis, berbahasa Arab, maupun perwakilan dari masing-masing benua. Turut mendamping Hakim Konstitusi Arief Hidayat selaku delegasi MK Indonesia, yaitu Immanuel Hutasoit selaku Kepala Bagian Kerjasama Luar Negeri dan Sekretariat tetap AACC dan Eko Himawan selaku Koordinator Fungsi Politik, KBRI Roma.

Editor: Dhimas Ginanjar

Tag:  #dukungan #mkri #untuk #palestina #forum #wccj #venice

KOMENTAR