Jadi Presiden RI Terpilih, Prabowo ajak Rakyat Bersatu dan Hidup Rukun
Ketua KPU Hasyim Asy'ari memimpin rapat pleno penetapan hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (20/3/2024). (DERY RIDWANSAH/ JAWAPOS.COM)
01:08
21 Maret 2024

Jadi Presiden RI Terpilih, Prabowo ajak Rakyat Bersatu dan Hidup Rukun

 

Prabowo Subianto telah ditetapkan sebagai Presiden Republik Indonesia (RI) terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Prabowo pun menyampaikan rasa syukur atas keberhasilan yang diraihnya bersama koalisi usai memenangi Pilpres 2024.

 

"Saya atas nama pribadi dan atas nama pasangan capres-cawapres 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dan juga atas nama Koalisi Indonesia Maju yang telah mengusung kami ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada sleuruh rakyat indonesia yang telah menggunakan hak pilihnya," kata Prabowo di Rumah Kertanegara Nomor 4, Jakarta Selatan, Rabu (20/3) malam.

Prabowo juga menyampaikan terima kasih kepada penyelenggara Pemilu. Mulai dari KPU, Bawaslu di seluruh tingkatan, petugas KPPS, PPLN dan lain sebagainya. Termasuk kepada TNI-Polri yang telah menjaga jalannya pemilu.

Tak lupa Prabowo menyampaikan terima kasih kepada seluruh partai KIM. Mulai dari ketua umum hingga kader partai telah berjuang maksimal hingga memenangkan Pilpres 2024. "Kami mengajak seluruh rakyat Indonesia menatap ke depan, bersatu dan bergandengan tangan, karena tantangan kita sebagai bangsa masih sangat besar. Kita harus bersatu, rukun, bekerja sama, untuk membawa Indonesia menuju kemakmuran dan keadilan," pungkas Prabowo.

Sebelumnya, KPU RI resmi menetapkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih untuk periode 2024-2029.

Hal itu disampaikan oleh Ketua KPU RI Hasyim Asyari dalam rapat pleno penetapan hasil Pemilu 2024 di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/3). "Menetapkan hasil pemilihan umum presiden dan wakil presiden secara nasional dalam Pemilu 2024," kata Ketua KPU Hasyim Asyari membacakan hasil penetapan Pemilu 2024.

Hasyim menjelaskan, pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meraih 40.971.906 suara. Sementara, pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka meraih 96.214.691 suara. Sedangkan, pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD meraih 27.040.878 suara.

Dalam hal ini, pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran meraih suara tertinggi pada Pilpres 2024. "Menetapkan hasil Pemilihan umum presiden dan wakil presiden berdasarkan berita acara nomor 218/PL.01.08.-BA/05/2024 dalam Pemilihan Umum Tahun 2024," ucap Hasyim.

 

Berdasarkan rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024, Prabowo-Gibran menang pada 36 provinsi. Disusul, Anies-Muhaimin menang di dua provinsi yakni Aceh dan Sumatera Barat. Sementara, Ganjar-Mahfud menelan kekalahan di semua provinsi. (*)

 

 

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #jadi #presiden #terpilih #prabowo #ajak #rakyat #bersatu #hidup #rukun

KOMENTAR