Kubu Anies-Ganjar Terus Dorong Hak Angket, Pengamat Bilang Tak akan Ubah Hasil Pemilu
SERAP MASUKAN: Fraksi Partai Nasdem saat menggelar FGG yang mengundang sejumlah pakar untuk membahas usulan hak angket kecurangan Pemilu 2024 di gedung parlemen, Jakarta, Kamis (7/3). (FRAKSI PARTAI NASDEM)
19:08
14 Maret 2024

Kubu Anies-Ganjar Terus Dorong Hak Angket, Pengamat Bilang Tak akan Ubah Hasil Pemilu

      - Upaya hak angket di DPR RI untuk menyelidiki kecurangan Pilpres 2024 dianggap tidak akan membuahkan hasil. Sebab, angket tersebut dinilai tidak akan mengubah hasil pemilu.  

  "Hak angket tidak akan pernah bisa mengubah ketetapan Undang-Undang bahwa harus ada pelantikan Presiden pada 20 Oktober. Sekaligus tidak akan bisa menganulir keputusan terkait siapa pemenang di Pilpres," kata Koordinator Nasional Formasi Indonesia Moeda (FIM), Syifak Muhammad Yus, Kamis (14/3).   Namun, hak angket ini memang salah satu cara yang akan diperjuangkan oleh pihak yang kalah. Langkah ini dianggap tidak bijak dalam berpolitik.    "Hak angket ini bisa dikatakan tidak dewasa dalam berpolitik. Tapi lebih dari itu, yang mengusung hak angket ini juga bisa disebut tidak dewasa dalam berdemokrasi," sambungnya.    Syifak pun mempertanyakan alasan partai-partai politik itu tidak menggulirkan hak angket sebelum pelaksanaan Pilpres bila telah curiga akan ada kecurangan.    "Seharusnya kalau memang sudah mencium adanya hal-hal yang mereka curigai yang berdasarkan asumsi mereka bahwa Pilpres ini tidak berjalan sebagaimana mestinya, seharusnya digulirkan itu jauh sebelum dimulai, bukan ketika pertarungan sudah selesai," jelasnya.    Oleh karena itu, dia menyebut bahwa upaya partai-partai politik yang mengusung hak angket ini seperti melawan pilihan rakyat. Apalagi kemenangan Prabowo-Gibran lebih besar dari prosentase partai-partai tersebut.    "Pada dasarnya rakyat sudah menentukan pilihannya ke Prabowo-Gibran. Sehingga sekali lagi, upaya menggulirkan hak angket ini tidak akan berdampak apapun dengan hasil Pemilu 2024," pungkasnya.    Sebelumnya, Ganjar Pranowo mendorong partai pengusungnya menggulirkan hak angket dugaan kecurangan pemilihan presiden (Pilpres) 2024 di DPR. Ada pun partai pengusung pasangan capres dan cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang berada di DPR saat ini adalah PDI Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).    Menurut Ganjar, hak angket yang merupakan hak penyelidikan DPR, menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meminta pertanggungjawaban Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawaas Pemilu (Bawaslu) terkait dengan penyelenggaraan Pilpres 2024 yang sarat dengan kecurangan yang terstruktur, sistematis, dan masif (TSM).   Ganjar menegaskan, dugaan kecurangan pada pemilihan presiden atau Pilpres 2024 mesti disikapi, dan parpol pengusung dapat menggulirkan atau mengusulkan hak angket di DPR.    “Jika DPR tak siap dengan hak angket, saya mendorong penggunaan hak interpelasi DPR untuk mengkritisi kecurangan pada Pilpres 2024,” kata Ganjar di Jakarta, Senin (19/2).  

  Ganjar menjelaskan, usulan untuk menggulirkan hak angket di DPR oleh partai pengusung Ganjar-Mahfud, dalam hal ini PDI Perjuangan dan PPP, telah disampaikannya dalam rapat kordinasi Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, pada 15 Februari 2024. (*)      

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #kubu #anies #ganjar #terus #dorong #angket #pengamat #bilang #akan #ubah #hasil #pemilu

KOMENTAR